JELAJAH WISATA BALKONDES DI BOROBUDUR

 

    Kecamatan Borobudur terkenal dengan wisata yang yang mendunia. Siapa yang tidak kenal Candi Borobudur? Candi terbesar di dunia yang merupakan satu dari 7 keajaiban dunia. Tak hanya candi Borobudur yang menawarkan kemegahannya. Kini kecamatan Borobudur mendapatkan sebuah program dari pemerintah yaitu Balkondes atau Balai Ekonomi Daerah. Balkondes merupakan program yang brtujuan meningkatkan Ekonomi desa yang merupakan program social dari BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa yang tinggal di sekitar candi Borobudur. Program ini  merupakan program pemberdayaan dan penngembangan Sumber daya Manusia yang berbasis wisata.

            Ada 20 kawasan desa wisata balkondes yang tersebar di sekitar wilayah Candi Borobudur. 20 balkondes yaitu

a.     Balkondes Tuk songo

b.     Balkondes Wringin Putih

c.      Balkondes Wanurejo

d.     Balkondes Tanjungsari

e.     Balkondes Majaksingi

f.       Balkondes Karanganyar

g.     Balkondes Karangrejo

h.     Balkondes Borobudur

i.        Balkondes Kenalan

j.        Balkondes Kembanglimus

k.      Balkondes Giri Tengah

l.        Balkondes Kebonsari

m.  Balkondes Bigaran

n.     Balkondes Bumiharjo

o.     Balkondes Candirejo

p.     Balkondes Tegalarum

q.     Balkondes Sambeng

r.       Balkondes Ngargogondo

s.      Balkondes Ngadiharjo

t.       Balkondes Giripurna

Balkondes menawarkan nuansa berbeda dengan tempat wisata lain. Pengunjung dapat menikmati ketenangan pedesaaan yang lengang, sunyi dan tenang. Tak perlu khawatir bagi kalian yang ingin beristirahat atau bermalam disana. Terdapat homestay  untuk penginapan sekelas hotel. Tak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan kuliner yang siap membuat pengunjung merasakan aneka menu pedesaan.

Balkondes juga merupakan tempat kalian berfoto dengan berbagai spot yang menarik. Aneka bangunan yang khas dari setiap balkondes menciptakan suasana indah. Bangunan balkondes dibuat dengan konsep masalalu, furniture antic, lampu antic, dan bangunan joglo dengan pendoponya. Setiap balkondes menyuguhkan produk unggulan  masing-masing untuk dijadikan souvenir bagi pengunjung.

Kalian tidak akan bosan berlama –lama berada di balkondes. Fasilitas yang lengkap seperti wifi juga tersedia disemua balkondes. Jadi meski pengunjung berada di pedesaan tetap akan terhubung dengan dunia luar. Bahkan dapat bekerja atau mengerjakan tugas di balkondes sambil menikmati ketenangan.

So, ketika kalian pergi ke Borobudur, sempatkan mengunjungi balkondes ya. Nah, sudah siapkah kalian untuk menikmati pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya ?  kita akan ulas satu persatu di tulisan berikutnya.

0 Response to "JELAJAH WISATA BALKONDES DI BOROBUDUR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel