Embung Banjaroya Waduk Mini Kalibawang Kulon Progo

 

Siapa yang tak ingin menikmati keindahan dan suasana alam perbukitan  yang indah dan sejuk. Ditambah lagi dengan adanya waduk di atas perbukitan. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya. Pasti tempat tersebut menjadi tempat yang selalu ingin dikunjungi banyak orang. Di Kalibawang Kulon Progo terdapat waduk mini nan mempesona yang berada diatas perbukitan. Sebut saja Embung Banjaroya. Embung banjaroya terletak di jalan kalibawang- sendang sono, Banjaroya, kalibawang, kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk mini ini menjadi salah satu tempat bisa kalian kunjungi untuk tempat rekreasi,selain tempat yang menawarkan keindahan namun juga mudah akses menuju ketempat ini.

Wisata ke Embung Banjaroya bisa dijadikan alternatife bagi kalian untuk menikmati indahnya suasana alam diatas perbukitan. Saat masuk ke tempat tersebut kita akan disuguhkan dengan patung durian berwarna kuning yang sangat besar. Nah, biasanya para pengunjung tak lupa untuk berfoto di depan icon durian besar ini. Kenapa icon waduk mini ini adalah durian ? ternyata icon tersebut mempunyai maksud tersendiri bahwa kali bawang , kulon progo merupakan pusat penghasil durian menoreh terbaik di yogyakarta. Ketika musim durian tiba, tempat ini selalu ramai oleh orang-orang pecinta durian.

Embung Banjaroya Kalibawang merupakan tempat penampungan air berukuran kecil, yang berada disekitar lokasi pertanian dimana tujuannya agar bisa menampung kelebihan air hujan di musim penghujan dan juga saat musim kemarau untuk berbagai keperluan masyarakat setempat. Luas embung banjaroya 60 x 80  meter dan mampu menampung 8-10 meter kubik air. Nah, air tersebutlah yang nantinya akan mengairi kebun durian milik warga sekitar. Di dalam waduk kita akan melihat ikan ikan kecil yang sengaja di pelihara. Bagi kalian yang ingin memberi makan ikan, kalian bisa mambeli makanan ikan dan kemudian menaburkan ke dalam embung tersebut. Pasti ikan ikan akan berebut untuk mendapatkan makanan yang kita sebar di air tersebut. Nah suasana ini sangat disukai oleh anak- anak. Cocok kan dijadikan salah satu destinasi wisata menyenagkan anak-anak.

Disekitar waduk terdapat beberapa pendopo sebagai tempat yang bisa dijadikan tempat beristirahat juga tempat santai sembari menikmati bekal yang kalian bawa dari rumah. Tempat ini menawarkan kesejukan dan pemandangan alam yang indah.  Kalau datang kesana saat cuaca cerah maka kalian dapat melihat gunung merapi dan merbabu lebih dekat. Di sore hari kalian dapat menikmati matahari terbenam dengan sempurna. Cocok bukan dijadikan tempat berwisata bersama keluarga ataupun bersama dengan teman dengan menikmati keindahan alam perbukitan. 

 

0 Response to "Embung Banjaroya Waduk Mini Kalibawang Kulon Progo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel