Museum Gunung Merapi Yogyakarta

 

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif di indonesia. Gunung merapi memilki potensi untuk memiliki potensi erupsi yang tinggi setiap dua hingga lima tahun sekali. Sejarah letusan gunung merapi tersimpan rapi dalam museum gunung merapi. Museum gunung api merrapi Yogyakarta terletak di  jalan kaliurang km 22, banteng, hargobinangun, pakem, Sleman, DIY. Nah , penasaran dengan museum merapi ? yuk kita akan belajar banyak hal tentang gunung api di museum gunung api merapi ini !

Museum gunung api merapi dibangun sejak 2009 bekerjasama kementrian energi dan sumber daya mineral dengan pemerintah propinsi daerah istimewa Yogyakarta. diresmikan pada tahun 2009 ini memilki  ruangan ruangan dengan tema volcano world,manusia dan gunungapi, bencana gempa bumi dan tsunamai, film show juga fasilitas pendukung lainnya. Meseum ini dibuat untuk mengetahui sejarah gunung merapi dari masa ke masa. Rekam jejak letusan gunung merapi tersimpan rapi di museum gunung api merapi ini.

Museum merapi buka pada hari selasa hingga minggu. Di hari senin museum ini tutup. Selasa hingga minggu  buka pukul 08.00 hingga pukul 15.30 dan dihari jum’at buka pukul 08.00 hingga pukul 14.30 saja. Tiket masuk lumayan murah untuk wisatawan dalam negeri hanya 5000 per orang sedang wisatawan mancanegara 10.000 rupiah. Untuk memasuki ruang audio visual , kita bisa membeli tiket seharga 5.000 per orang sedang untuk wisatawan mancanegara membayar 10.000.

Museum gunung api merapi memilki 2 lantai. Lantai pertama berisi filosofi kegunungpian serta alat peraga gempa juga tempat arsip benda yang berkaitan dengan merapi dan gunung berapi lainnya.  Lantai satu cukup luas dan terdapat replika gunung merapi yang lumayan besar. Replika sebaran awan panas saat letusan tahun 1969, 1994 dan juga 2006 akan menyambut para wisatawan yang datang masuk ke ruangan ini. Alat inilah yang akan membuat semua ruangan terdengar suara gemuruh. Tekan salah satu tombol yang ada dalam replika gunung merapi, maka akan terlihat sebaran awan panas dan aliran lava terlihat menyerupai kejadian kala itu. Wedhus gembel menyapu bersih ebebrap daerah disekitar gunung merapi. Dasyatnya letusan gunung merapi tak akan hilang dari ingatan siapa saja yang mengalami dan menjadi korban peristiwa ini.  

Dilantai 2 kita bisa melihat display  letusan gunung merapi, foto foto kejadian letusan, juga benda benda  yang masih bisa diselamatkan yang menjadi saksi saat letusan terjadi. Artefak dari letusan gunung merapi tahun 2006 berupa sepeda motor, alat rumah tangga serta aneka foto erupsi tahun 2010. Tak hanya itu, foto erupsi berbagai gunung api yang ada di selruh dunia juga menghiasi setiap sudut museum.

Di museum  gunung api merapi ini `kita bisa mendapat berbagai informasi mulai dari informasi ilmiah kegunungapian, tentang gempa juga gerakan tanah, informasi fenomena gunung api, mitigasi bencana juga informasi social budaya. Tempat ini sangat cocok lho untuk wisata edukasi, selain berwisata menyegarkan otak juga bisa sembari menambah ilmu pengetahuan tentang kegunung apian. Fasilitas yang ditawarkan yaitu kamar mandi, parker yang luas, souvenir shop kantin  juga ruang audio visual.

Ingin lebih dekat mengenal gunung merapi? Yuk datang kesini ! museum Gunung api merapi Yogyakarta.

0 Response to "Museum Gunung Merapi Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel