Administrasi Guru Kelas 5 SD Kurikulum 2013

 

Sesuai dengan pembukaan Undang-Undang dasar tahun 1945 bahwa tujuan pemerintah Negara Indonesia salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu cara mencerdaskan kehidupan bangsa adalah melalui sektor pendidikan. Pendididkan menjadi sorotan penting bangsa ini. Dengan pendidikan yang maju maka akan mempengaruhi semua sektor lain. Kini Nampak tak asing ditelinga, ada program merdeka belajar, merdeka mengajar dan juga program lain yang di gaung gaungkan oleh pemerintah.

Merdeka mengajar bagi seorang Pendidik tentu menjadi nafas baru bagi para pendidik dimana Pendidik semestinya harus merdeka dalam hal mengajar tanpa terbelenggu dengan system. Dengan adanya merdeka mengajar ini diharapkan Pendidik menentukan metode  dan cara belajar yang bebas sehingga mampu membawa peserta didik menjadi lebih baik dan pada akhirnya nanti peserta didik akan merasakan merdeka belajar. Ki hajar dewantara dalam ajarannya menyatakan bahwa jiwa merdeka sangat diperlukan dalam menjalankan pendidikan agar tercapai perkembangan anak yang diharapkan.

Pendidik merdeka mengajar berdampak positif terhadap peserta didik. Sebelum adanya merdeka mengajar, pendidik sangat terbebani dengan adanya segudang administrasi yang memakan waktu. Selain mengajar pendidik masih disibukkan dengan administrasi kelas. Dengan adanya program merdeka Mengajar ini, beberapa administrasi disederhanakan dalam pembuatannya meski tanpa mengurangi esensi yang ada di dalamnya.

Administrasi kelas memang tak bisa dipisahkan dari proses mengajar bagi seorang pendidik. Untuk sekolah dasar administrasi terdiri dari administrasi kelas I sampai administrasi kelas VI. Administrasi kelas dan pendidik merupakan satu kesatuan yang menjadi dasar seorang pendidik untuk melaksanakan pembelajaran terhadap peserta didik. Berikut merupakan administrasi Kelas 5 Sekolah Dasar

1.       Prota

2.       Promes

3.       KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum)

4.       Silabus

5.       RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

6.       Jurnal Harian

7.       Buku Guru

8.       Buku Siswa

Administrasi tersebut merupakan administrasi pokok bagi seorang pendidik. Para pendidik dapat melihat contoh administrasi kelas 5 semester 1 tersebut dengan mendownload pada link dibawah ini.

Demikian tadi contoh Administrasi kelas 5 semester 1. Administrasi tersebut bisa dijadikan contoh. Silahkan bapak ibu bisa ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi ). Semoga bisa bermanfaat  bagi kita semua dan juga bisa  memberikan manfaat bagi pendidikan di Indonesia. Salam Rumah Pendidik.




0 Response to "Administrasi Guru Kelas 5 SD Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel