KI dan KD Tematik Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

 

Halo, Bapak/Ibu guru hebat diseluruh tanah air ! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Bapak/Ibu selalu semangat selalu. sebagai tenaga pendidik. Tentu selain mendidik anak anak, bapak ibu guru juga memerlukan kelengkapan perangkat mengajar. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar jenjang SD MI Kurikulum 2013 ini dapat menjadi pedoman bagi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran.

Dalam pengembangan dan penyempurnaan kurikulum pada dasarnya berpedoman pada sasaran, tujuan, dan program pendidikan yang objektif. Sasaran dari adanya kurikulum 2013 dituangkan dalam standar kompetensi lulusan (SKL) sedangkan tujuan kurikulum tertuang pada standar isi sebagai turunan dari standar kompetensi lulusan yang terdiri dari kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Kompetensi Inti Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SD/MI pada setiap tingkat kelas. Kompetensi Inti sikap spiritual (KI-1) dan Kompetensi Inti sikap sosial (KI-2) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran dan kebutuhan serta kondisi peserta didik.Kompetensi Inti dirancang untuk setiap kelas/usia tertentu.

Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut

Kompetensi Inti-1 (KI-1)

Kompetensi Inti-2 (KI-2)

Kompetensi Inti-3 (KI-3)

Kompetensi Inti-4 (KI-4)

Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013 berisi kemampuan dan muatan pembelajaran untuk mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi Inti (KI). Kompetensi Dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi Inti. Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan peserta didik dan karakteristik mata pelajaran. Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok yaitu  kelompok KD sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1,  kelompok KD sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2, kelompok KD sikap pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3 dan kelompok KD sikap keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.

Kompetensi Dasar yang berkaitan dengan sikap spiritual  dan sikap sosial ditumbuhkan melalui pembelajaran tidak langsung, yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan dan keterampilan . Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Pembelajaran KI-1 dan KI-2 terintegrasi dengan pembelajaran KI-3 dan KI-4.

Selengkapnya tentang KI-KD(Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar)  kelas V SD/MI Kurikulum 2013 yang diatur dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar silahkan anda download dengan klik pada link di bawah ini:

Download: Klik disini

Demikian tadi KI-KD(Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar)  kelas V SD/MI Kurikulum 2013 yang diatur dalam Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Semoga bisa memberi manfaat bagi pendidikan di Indonesia. Salam Rumah Pendidik.


0 Response to "KI dan KD Tematik Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel