KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020-2021

 

Halo, Bapak/Ibu guru hebat diseluruh tanah air ! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Bapak/Ibu selalu semangat selalu. sebagai tenaga pendidik. Tentu selain mendidik anak anak, bapak ibu guru juga memerlukan kelengkapan perangkat mengajar. Setiap guru harus menentukan kriteria ketuntasan minimal setiap mata pelajaran yang diampunya. KKM menadi komponen penting unntuk acuan penilaian dalam kurikulum 2013. Salah satu prinsip penilaian berbasis kompetensi seperti pada kurikulum 2013 ini dengan acuan kriteria  yaitu menetapkan kriteria tertentun dalam menentukan kelulusan peserta didik.  adalah

Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) merupakan acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti. KKm juga merupakan acuan bagi peserta didik untuk menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.

KKM harus ditetapkan di awal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah  kepa sekolah, dewan guru dan tenaga kependidikan dimana semua terlibat dalam pembuatan KKM ini. dalam satuan pendidik tertentu. Tiga komponen yang harus diperhatikan dalammenyusun KKM adalah

1.       Karakteristik peserta didik/ intake siswa

2.       Karakteristik mata pelajaran/ kompleksitas kompetensi / materi

3.       Satuan pendidikan  / daya dukung

Langkah dalam menghitung atau menentukan KKM mata pelajaran pada satuan pendidikan sebagai berikut

1.       Menghitung jumlah KD setiap maple pada masing masing tingkat kelas dalam satu tahun

         2.       Menentukan intake, kompleksitas dan daya dukung yang dimiliki baik siswa maupun sekolah.

Berikut merupakan contoh Kriteria Ketuntasan Minimum Kelas 6 semester 1. Untuk mendowload silahkan klik link yang telah tersedia.

Download: Klik disini

Demikian tadi contoh Kriteria Ketuntasan Minimum Kelas 6 semester 1 . Untuk menentukan KKM  dapat disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan di tempat bapak/ibu. Semoga bisa memberi manfaat bagi pendidikan di Indonesia. Salam Rumah Pendidik.


0 Response to "KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Tahun 2020-2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel