Nongkrong Nangkring Asik di Angkringan

 

Tahukah kalian apa sebenarnya arti dari Angkringan itu ? dalam bahasa jawa angkringan berarti alat dan tempat berjualan secara keliling yang dipikul atau sebuah gerobak dorong untuk menjual aneka makanan dan minuman. Ada juga yang menyebut angkringan dengan sebutan hik yaitu hidangan istimewa ala kampung.

Kini banyak kita jumpai angkringan di mana mana, ada dipinggir jalan ada juga berada dipelosok desa. Namanya kini viral seiring perkembangan waktu. Jika dulu angkringan hanya ada di malam hari, kini angkringan bisa kita jumpai 24 jam.

Angkringan identic dengan gerobak yang biasanya ditutupi dengan kain maupun terpal dan di dalam angkringan gerobak tersebut bisa memuat pembeli sekitar 6-8 orang.  Jika zaman dahulu angkringan beroperasi pada sore hingga malam hari dan hanya menggunakan penerangan berupa lampu senthir, bisa juga dengan lampu temple dengan sumbu dan juga minyak tanah. Kini dapat kita jumpai angrkingan dengan konsep baru dengan penerangan lampu nan indah.

Makanan yang biasanya dijual di angkringan antara lain nasi kucinggorengansate usus (ayam), sate telur puyuh aneka jajanan pasar, dan lain-lain. Minuman yang dijual pun beraneka macam seperti tehjerukkopitapewedang jahesusu, jahe susu, tape susu, bajigur, kopi joss, ada juga  minuman bubuk dalam kemasan dengan berbagai merk dan rasa. Harganya yang ramah dikantong  dan tempatnya yang santai menjadikan angkringan sangat populer sebagai  tempat persinggahan untuk mengusir lapar atau sekadar melepas lelah.

Angkringan memang selalu menjadi tempat nongkrong yang asik bagi semua kalangan. Mulai dari pegawai, mahasiswa, seniman , pejabat hingga bos besar datang untuk suasana tempat ini. Harga yang murah juga menu yang lengkap selalu menjadi pilihan bagi para pembeli. Apalagi setiap angkringan mempunyai menu khas masing masing.  Kehangatan tempat ini selalu dirindukan banyak orang, apalagi kebanyakan penjual angkringan selalu ramah dengan pembelinya hingga terlihat akrab ketika berbincang penuh rasa kekeluargaan.

Kini angkringan juga terkenal sebagai tempat egaliter karena banyaknya pembeli datang tanpa memandang status sosial.siapapun bebas menikmati makanan serta mengbrol santai hingga berdiskusi berbagai hal meski tak saling mengenal. Salah satu angkringan yang familiar disekitar magelang Yogyakarta adalah angkringan pak ketip yang berada di Jumoyo juga angkringan pak satari yang berada di medari, Yogyakarta.

Kini angkringan menjadi salah satu bisnis menjanjikan di bidang kuliner karena usaha ini memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Saat ini, warung dengan tema angkringan banyak diminati oleh semua kalangan. Bisnis angkringan pun menjamur baik didesa maupun dikota. Usaha angkringan  tak memerlukan lokasi yang luas juga modal yang tak terlalu besar. Nah , bagi kalian yang pengin buka usaha atau pingin mencoba bisnis,  angkringan bisa menjadi solusinya.

0 Response to "Nongkrong Nangkring Asik di Angkringan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel