Silabus SD Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013

 


Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96).

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang paling sedikit memuat Identitas sekolah, KI, KD, tema, materi pokok, pembelajaran, penilaian,  alokasi waktu ,sumber belajar (dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan), PPK.

Silabus adalah seperangkat rencana untuk mengatur pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis dengan memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

langkah-langkah pengembangan silabus adalah Menurut Trianto, 2010: 99 adalah

1.       Mengkaji SK dan KD mata pelajaran sesuai pada standar isi

2.       Mengidentifikasi materi pokok yang menunjang pencapaian KD

  1. Mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan baik. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang dimana kegiatan tersebut melibatkan proses mental dan fisik dalam rangka pencapaian KD.

4.       Merumuskan indicator pencapaian kompetensi. Indicator digunakan untuk menyusun alat penilaian

5.       Menentukan jenis penilaian apa yang akan digunakan berdasarkan indicator baik penilaian menggunakan tes tertulis maupun tidak

6.       Menentukan alokasi waktu pada setiap KD berdasarkan jumlah minggu efektif dan alokasi waktu maple per minggu.

7.       Menentukan sumber belajar berdasarkan SK dan KD serta materi pembelajaran, kegiatan belajar serta indicator pencapaian kompetensi.

Silabus mempunyai manfaat sebagai pedoman dalam mengembangan perangkat pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian.

. Silabus merupakan sumber pokok dalam menyusunan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran tersebut dilaksanakan untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.

Komponen silabus

  1. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
  2. Kompetensi Inti,
  3. Kompetensi Dasar
  4. Tema
  5. Materi Pokok
  6. Indikator
  7. Pembelajaran
  8. Penilaian
  9.  Alokasi waktu
  10. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
  11. PPK

Berikut merupakan contoh Silabus kelas 5 semester 1 Sekolah Dasar, untuk mendowload silahkan klik link yang telah tersedia.

 Download: KLik disini

Demikian tadi contoh silabus kelas 5 semester 1 Sekolah Dasar. Semoga bisa memberi manfaat bagi pendidikan di Indonesia. Salam Rumah Pendidik.


0 Response to "Silabus SD Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel