Gunung Sindoro Jawa Tengah (3.136 Mdpl)

 

Gunung Sindoro merupakan gunung aktif yang terletak di jawa tengah. Gunung ini merupakan gunung yang sangat popular yang berada di Jawa Tengah. Gunung yang tak pernah sepi pengunjung ini merupakan gunung tertinggi ketiga dijawa tengah. Gunung ini juga disebut sebagai gunung sindara juga sundoro dengan ketinggian 3.136 mdpl. Nampak terlihat jelas gunung Sindoro dari puncak Sikunir, Dieng Wonosobo. Temanggung merupakan kota terdekat dari gunung sindoro. Sindoro dan sumbing saling berdampingan Nampak gagah.

Berdasarkan sejarah letusan gunung sindoro pernah terjadi dengan jenis ringan hingga sedang dan biasa disebut letusan freatik. Hutan di Kawasan gunung sindoro berjenis hutan dipterokap dan hutan gunung. Pendakian ke gunung sindoro ini meruapakan jalur pendakian Panjang dan menantang jadi tak heran jika banyak orang ramai berbondong ingin menuju puncak ketinggian.

Kalian bisa menikmati keindahan gunung ini kapan saja karena beroperasi selama 24 jam. Waktu paling baik untuk mendaki sekitar pukul 06.00 pagi dengan tiket yang cukup murah. Batas waktu mendaki pukul 12 malam demi keselamatan para pengunjung.

Gunung ini nyatanya menjadi daya Tarik yang cukup mempesona dan ramah bagi para pendaki. Jalur yang sangat bersahabat, apalagi bagi kaum pemula daman pendakian. Sesampai di gunung sindoro akan terlihat deretan gunung yang indah dan mempesona mata. Tentu dapat terlihat pula dataran dieng yang indah. Dari gunung sindoro ini cukup berjalan beberapa menit saja untuk menikmati wisata alam.

Suguhan lautan awan serta sunrise merupakan bagian pemandangan yang dapat kita nikmati disini.  Tak perlu khawatir ketika melaksanakan pendakian karena para petugas basecamp ramah dan akrab kepada par pendaki. Di atas puncak tampak hutan yang telah mati dan kawah indah memukau puncak sindoro.

Semakin menyenangkan lagi ketika melalui pos 3, kita akan melewati sabana penuh edelweiss yang menarik perhatian. Adanya bunga edelweiss ini pertanda kita sudah dekat dengan puncah eksotis gunung sindoro. Keindahan puncak yang indah serta edelweiss menjadi salah satu pesona yang menghipnotis para pendaki yang datang.

Tak sedikit yang mengabadikan momen indah berfoto di padang edelweiss ini. Nah untuk mendapatkan pesona abadi ini , kalian bisa datang bulan mei sampai agustus. Tak sedikit pula, pengunjung yang mendirikan tenda ataupun menghabiskan waktu berfoto di padang edelweiss tersebut. Gunung aktif ini memiliki puncak kawah jolotundo. Penghias puncak berupa danau kecil jernih di kawah mati yang dipisahkan oleh dinding kawah.

Fenomena unik juga ditawarkan ditempat ini yaitu munculnya telaga yang hanya ada pada musim hujan saja. Tetap waspada ya jika ingin menikmati kawah karena gas solfatara masih aktif keluar dari kawah. Kalian penasaran? Dengan keindahan panorama Gunung Sindoro !

0 Response to "Gunung Sindoro Jawa Tengah (3.136 Mdpl)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel