Gunung Sumbing Jawa Tengah (3.371 Mdpl)

 

Gunung Sumbing mempunyai cerita tersendiri bagi penulis. Gunung ini menyimpan berjuta kenangan indah. Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini secara administratif masuk ke dalam tiga wilayah yaitu Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang serta kabupaten Wonosobo. Gunung dengan ketinggian 3.371 mdpl, gunung sumbing merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Tengah.  

Sering dipanggil sebagai saudara kembar sindoro ini, memang memiliki rupa yang mirip dan terletak berdampingan. Hanya saja gunung sumbing mempunyai ketinggian yang lebih dibandingkan dengan gunung sindoro. Meski medan pendakiannya mirip namun pasti setiap tempat memiliki keunikannya dan daya tariknya sendiri sendiri. Gunung sumbing relatif aman untuk pendakian dan nyatanya menjadi incaran para pendaki untuk ditaklukkan.

Gunung ini sangat istimewa karena medan yang ditawarkan sangat atraktif dengan kemiringan yang terjal sehingga kalian harus berhati-hati dan waspada. Bentang alam nan indah tersaji apik serta beragam. Mulai dari lahan berpasir hingga pepohonan nan hijau membentang luas. Keindahan ini tentu akan menyambut para pendaki hingga menuju puncak.

Untuk sampai ke puncak kalian bisa melewati beberapa jalur, yaitu jalur Butuh, jalur Garung, jalur Cepit dan jalur Bawongso. Kalian bisa memilih mana jalur yang nyaman untuk kalian jadikan jalur pendakian. Tak perlu khawatir karena hampir disemua basecamp ada fasilitas penunjang yang sangat memadai mulai dari area parkir, toilet hingga tempat istirahat yang disediakan disemua basecamp.

Tak perlu khawatir karena hampir disemua basecamp ada fasilitas penunjang yang sangat memadai mulai dari area parkir, toilet hingga tempat istirahat yang disediakan disemua basecamp. Meski medan terbilang sulit namun spot cantik dan mempesona akan membuat kalian lupa rasa sulit mendaki gunung ini. Terbayar sudah rasa Lelah dengan pemandangan eksotis puncak gunung sumbing ini. Hutan pinus nampak menambah suasana indah saat berselimutkan kabut. Salah satu tempat yang selalu menjadi incaran panorama pegunungan dan lautan awan yaitu segoro banjaran yang menjadi tempat ini tak boleh terlewatkan oleh para pendaki. Nah, penasaran dengan puncak sumbing !! yuk agendakan pendakian ke puncaknya!!

0 Response to "Gunung Sumbing Jawa Tengah (3.371 Mdpl)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel