Brain Podcast Solusi Pembelajaran Di Masa Pendemi

 

Pada masa pandemi ini segala aktivitas pendidikan bahkan proses belajar mengajar disekolah menjadi lumpuh. Guru harus berupaya memberikan materi pelajaran tanpa bertatap muka dengan anak-anak. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk menyampaikan materinya secara daring atau online tanpa mengurangi makna yang terkandung dalam materi.

Proses pembelajaran dimasa pandemi ini harus dilakukan semenarik mungkin agar peserta didik tidak bosan bahkan jenuh karena mereka tidak dapat bertatap muka dengan gurunya. Guru harus membuat sebuah inovasi sehingga materi dapat tersampaikan dengan tepat sasaran dan siswa dapat memahaminya. Maka dari itu guru memerlukan sebuah ide atau model pembelajaran yang mampu membuat anak aktif dan senang mengikuti pembelajaran meski tanpa tatap muka.

Pada kenyataannya media yang kurang memadahi menjadi salah satu kendala di pembelajaran. Guru memberikan materi secara monoton tanpa media yang menarik sehingga siswa merasa bosan sehingga banyak yang tidak mengikuti pelajaran. Salah satu inovasi yang bisa diciptakan guru dengan menciptakan sebuah Brain Podcast yang mampu menjadi salah satu media agar dapat memudahkan siswa untuk menerima pembelajaran dengan baik dan tentu materi dapat tersampaikan dengan baik pula kepada siswa.

Media pembelajaran berbasis Audio Podcast dimana Podcast merupakan sebuah media yang bisa digunakan dengan cara mendengar Audio melalui komputer, laptop, HP android. Media Audio Podcast ini bisa merekam suara yang dibuat dengan skenario yang bisa membuat pendengarnya merasa terbawa keadaan yang sebenarnya. Podcast diartikan sebagai materi Audio atau video yang tersedia di internet yang dapat secara otomatis dipindahkan ke komputer atau media pemutar portable baik secara gratis maupun berlangganan (Fadilah, Yudhapramesti, dan Aristi. 2017).

Penelitian yang menggunakan media pembelajaran berbasis podcast merupakan sebuah penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Andi wicaksono meneliti peran media Audio dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran apresiasi cerita pendek. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal dengan perekaman suara untuk cerita pendek yang berindikasi terhadap meningkatnya keaktifan dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran (Wicaksono 2017).

Dengan adanya Brain Podcast ini, hasil belajar akan meningkat karena pembelajaran akan menjadi menyenangkan, menarik dan mudah dipahami sehingga terjadi respon yang positif. Yuk bapak ibu guru bisa mencobanya agar peserta didik tidak mengalami learning loss dalam pembelajaran.

0 Response to "Brain Podcast Solusi Pembelajaran Di Masa Pendemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel