Candi Mendut, wisata sejarah di Kabupaten Magelang

 

Indonesia menyimpan banyak sekali peninggalan peninggalan bersejarah. Salah satu peninggalan sejarah  agama budha yang kini masih berdiri kokoh dan megah adalah  candi mendut. Candi mendut terletak di seda mendut, kecamatan mungkid, kabupaten magelang. Candi ini dibangun pada masa dinasti Syailendra dan sudah ada sejak lama jauh sebelum candi Borobudur ditemukan. Candi Mendut adalah candi Budha tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 824 Masehi.

Menurut para arkeolog  pada tahun 284 bangunan candi ini tertutup semak belukar dan sebagian hancur akibat adanya peristiwa alam. Pada tahun 1836 bangunan candi mendut  ditemukan kemudian mengalami rekonstruksi pada 1897 hingga 1904. Dan kini bisa kita lihat keberadaan candi mendut yang tegak berdiri dengan kemegahannya.

Candi pada umumnya berdiri menghadap ke timur namun candi ini  menghadap ke arah barat laut. Material batuan candi berupa batu bata yang ditutupi batu endesit. Dekat dengan lokasi candi terdapat pohon body yang dipercaya menjadi tempat budhe mencari pencerahan.

Candi ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi  sekedar menikmati waktu liburan ataupun wisata edukasi bagi anak anak sekolah yang ingin mengetahui lebih jauh sejarah dan keberadaan candi ini. Wisata satu ini cocok untuk wisata edukatif lho!

Banyak sekali filosofi yang terletak pada relief-relief candi mendut ini. Mempunyai arti yang mendalam dari setiap ukiran  relief  tersebut. Candi Mendut merupakan salah-satu pintu gerbang untuk melihat lebih jauh  peradaban, dan sejarah pada masa lampau.

Relief yang terdapat di candi mendut antara lain Relief kuwera atau Ayataka adalah relief yang terukir di bagian dinding utara di bilik penampil. Kuwera merupakan raksasa pemakan manusia yang diceritakan melakukan pertobatan setelah bertemu dengan Budha.

Kemudian Relief bodhisatwa merupakan Relief yang terletak di sisi dinding timur Candi Mendut ini memperlihatkan  Budha yang memiliki tangan empat yang berdiri di atas lingga. Dalam relief ini, Budha menggunakan pakaian kebesaran raja. Budha digamabarkan memancarkan sinar dewa dari kepalanya. Tangan kiri belakang Budha terlihat memegang kitab sedangnya tangan kanannya memegang tasbih. Relief lain yaitu relief dewi tara dan relief sarwaniwaranawiskhambi.

Selain relief juga terdapat arca yaitu arca Dyani Budha cakyamuni, Arca Budha Avalokitesvara, Arca Bodhisatva Vajrapani. Nah begitu banyak ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dari peninggalan sejarah candi mendut ini. Yuk sempatkan datang dan belajar sejarah candi ini!!

0 Response to "Candi Mendut, wisata sejarah di Kabupaten Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel