Manfaat Pohon Jambu Biji

 

Pohon jambu biji merupakan pohon yang dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis. Jambu memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya adalah jambu biji. Jambu biji merupakan tanaman dari keluarga melati (Myrtaceae) Jambu biji merupakan  salah satu tanaman buah berjenis perdu yang memiliki banyak cabang. Bagian dari pohon atau tanaman jambu biji ini sangat bermanfaat bagi manusia. Mulai dari daun jambu hingga buahnya memilki manfaat sendiri sendiri, jadi tak heran jika pohon jambu disebut juga pohon kaya manfaat. Selain rasanya yang enak juga segar ternyata menyimpan banyak manfaat nagi manusia. Jambu biji dianggap sebagai obat herbal mujarab untuk mengatasi beberapa penyakit. Yuk simak ulasan kami!

Ternyata Daun jambu biji memiliki banyak manfaat lho diantaranya Mencegah diare, Dapat menurunkan kolesterol darah, Dapat mencegah diabetes  juga mencegah penyakit kanker serta menurunkan tekanan darah tinggi. Agen antibakteri pada daun  jambu biji ini melindungi gigi dan gusi. Sebuah penelitian pernah mengemukakan hal tersebut Oleh karena itu, daun jambu biji digunakan sebagai bahan pembuatan pasta gigi dan penyegar mulut. ekstrak daun jambu biji juga diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

Selain daunya yang kaya manfaat ternyata buah jambu bijipun tak kalah lho. Sebagai buah yang mengandung antioksidan dan vitamin yang melimpah ruah, kandungan ini membuat jambu biji sebanding dengan rasa yang nikmat dan segar. Jambu biji bisa langsung dikonsumsi tanpa perlakuan khusus lho! Meski dibuat jus buah bikin nyegerin, namun dimakan begitu saja juga tak kalah enaknya kok. Buah ini dipercaya dapat menyembuhkan aneka ragam penyakit. Dalam satu buah jambu dengan berat sekitar 55 gram terdapat 37 kalori dan beberapa nutrisi seperti protein, serat, kalsium, magnesium, kalium, vitamin A, vitamin K, Vitamin E dan vitamin B juga mengandung mineral seperti selenium, zinc, dan mangan.

 Manfaat dari buah jambu ini diantaranya melancarkan saluran pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan mata , menjaga kesehatan kulit dan mecegah demam berdarah.

Jambu biji  mengandung serat yang tinggi, sehingga  jambu biji mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Jambu biji juga dapat  memperkuat daya tahan tubuh dari segala penyakit. Dapat meningkatkan imunitas sehingga mengurangi resiko terkena penyakit infeksi.  Pemilik tekanan darah dan kolesterol tinggi mungkin harus mempertimbangkan apa manfaat jambu biji yang satu ini. Karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, jambu biji diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol jahat. Jambu biji juga mengandung vitamin A yang cocok untuk menjaga kesehatan mata. Jambu biji bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata.

Manfaat jambu biji yang satu ini pasti disukai oleh kaum perempuan, yaitu menjaga kesehatan kulit. Jambu biji tersebut mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan, jadi mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Nah banyak sekali kan manfaat dari pohon jambu ini. So ada baiknya jika kalian ingin menanam pohon , pohon jambu bisa dijadikan salah satu alternative tanaman obat dirumahmu! selain rasa buah yang enak , daunnya pun memberi manfaat. Yuk…. Jadikan pohon jambu sebagai alternative obat herbal pilihanmu !!

0 Response to "Manfaat Pohon Jambu Biji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel