Tips Membuat Video Pembelajaran

 

Pandemi covid 19 membuat berbagai aktifitas menjadi berbeda dari biasanya. Tak terkecuali dunia pendidikan di tanah air yang mengalami dampak lernig lost akibat pandemi ini. Banyak hal yang tentunya bisa dilakukan oleh guru di masa pendemi ini. Salah satunya dengan membuat bahan ajar atau media video. Video akan membuat anak anak serasa dekat dengan guru. perikelebihan belajar dengan materi video memiliki banyak efek positif untuk murid. Selain mengurangi risiko di masa pandemi, murid juga bisa memutar ulang video jika ada materi yang belum dimengerti. Tentu pembuatan video harus memperhatikan beberapa tips dan trik yang jitu agar mampu membuahkan hasil karya yang baik dan luar biasa. Yuk , simak ya !

Dalam membuat video pembelajaran tentu kita harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Selanjutnya persiapkan materi yang akan dibuat video, siapkan materi dan narasi sebaik mungkin dengan runtutan pembelajaran yang ingin diberikan.materi bisa diambil dari silabus maupun buku yang digunakan untuk mengajar disertai dengan pengembangan materi yang lebih luas.Materi tersebut juga bisa ditambah dengan media pendukung. Misalnya tentang materi pecahan. (mengenalkan konsep pecahan dengan puzzle pizza). Membuat materi yang simple namun mudah dipahami , bisa juga dengan membuat jembatan keledai dari setiap video yang ada.

 Dengan adanya materi dan narasi yang baik maka video pembelajaran akan jelas dan runtut dalam penyampainnya. Tak kalah penting setelah materi serta narasi telah disiapkan yaitu konsep video. Dengan konsep video yang bagus tentu akan memberi jiwa pada video tersebut sehingga video akan menarik dan juga hidup. Setelah semua naskah siap digunakan saatnya rekaman atau take video. Hal yang harus diperhatikan adalah audio/ suara harus jelas dan penampilan tidak monoton.

Langkah terakhir, edit video  menggunakan aplikasi yang mudah bagi kalian. Perlu diketahui, tahapan ini menuntut guru untuk berkreasi agar video pembelajaran tidak membosankanNah, mudah bukan membuat video pembelajaran. Selamat mencoba ???

0 Response to "Tips Membuat Video Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel