Bikin Penasaran Sate Klatak Yogyakarta

Surga kuliner memang cocok menjadi julukan kota Yogyakarta. Aneka macam rupa makanan tersedia di kota pelajar ini. Sebut saja sate klatak, sate yang merupakan makanan khas dari jogya. Nah, jika kalian ke kota ini, sempatkan untung menikmati satu kuliner unik ini ya! Sate klatak ini berbahan dasar daging kambing sama seperti sate sate pada umumnya namun hanya berbeda dalam mengolah dagingnya agar supaya lebih empuk dan tidak bau prengus. 
Kenapa diberi nama sate klatak ? ternyata sate klatak memiliki asal usul yang unik. Sate ini ketika dibakar ditaburi oleh garam sehingga berbunyi klatak klatak klatak , nah itulah kenapa disebut sate klatak. Sate klatak ini dibakar menggunakan jeruji sepeda jika kita amati proses membakar sate tersebut, pasti kita akan mendengar suara dari pembakaran tersebut.  
Salah satu pioneer sate klatak di Yogyakarta adalah pak pong. Salah satu warung makan sate klatak  yang sangat terkenal. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, mbah ambyah mempunyai ide  menjual sate klatak yang dijual di bawah pohon mlinjo, maka tak heran jika  di daerah jejeran bantul banyak sekali kuliner sate klatak. 
Uniknya sate ini dibuat dari daging kambing yang masih muda dengan bumbu yang sederhana. Tanpa bumbu kacang ataupun kecap hanya dibumbui garam saja. Tusuk yang digunakan juga jeruji sepeda yang dipercaya mampu menghantarkan panas lebih baik dari tusuk bambu sate. 
Jika kalian ingin mencicipi sate klatak di Yogyakarta ada beberapa warung yang bisa menjadi referensi. Asal sate klatak ada di bantul tepatnya di pasar jejeran sejauh 1-2 km berjejeran warung sate klatak ini. Jika Anda ingin mengunjunginya, berikut rekomendasi warung sate yang populer di daftar berikut ini.
Nah, sudah punya gambaran sate klatak seperti apa! Kalian tertarik untuk mencicipinya? Hayuk kunjungi warung sate klatak terdekat atau bisa datang di surganya sate klatak Yogyakarta! sudah siap berburu sate klatak !!

0 Response to "Bikin Penasaran Sate Klatak Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel