Candi ASU, wisata sejarah kabupaten Magelang

Tahukah kalian , di daerah Sengi Dukun, kabupaten Magelang ternyata terdapat candi peninggalan Hindu lo . nama candi tersebut diberikan oleh masyarakat setempat karena arca lembu yang ada di komplek candi menyerupai anjing. Anjing dalam bahasa jawa disebut Asu. Itulah kenapa candi ini disebut candi asu.Candi ini merupakan candi peninggalan jaman kerajaan mataram kuno. Berada di lereng gunung merapi sebelah barat di tepian sungai tringsing pabelan.
Dari luar Nampak dinding Candi asu dibentuk sebagai alas. Dinding dalam candi menampakkan fungsinya sebagai pondasi yang kokoh. Area diantara dua tembok telah terisi dengan dua meter bebatuab dan tanah yang diatasnya diaspal. Sehingga sisa ruang digunakan untuk patung.nampak tangga berada dilaur dinding dibagian barat yang merpakan sisa sisa batu. 
Letak Candi Asu menghadap ke barat dengan denah persegi yang diketahui sisinya 7,94 meter dengan ketinggian kaki 2,5 meter dan tinggi tubuh candi sekitar 3,35 meter. Atapnya telah runtuh sehingga tidak dapat diketahui secara pasti berapa ketinggiannya. Dengan ukuran yang telah diketahui tersebut. Candi ini dikategorikan sebagai candi kecil.
Ada yang menarik disini, tak hanya candi namun di dekatnya juga terdapat 2 prasasti batu dengan bentuk lingga atau tugu. 2 prasasti tersebut yaitu Sri manggala I dan Sri manggala II. Masih masing dari prasasti tersebut ditulis pada 874 masehi. 
Meski candi ini tak semegah candi Borobudur, namun banyak juga lo yang penasaran dan ingin datang kesini. Saat musim liburan tiba candi ini selalu ramai oleh pengunjung. Tak hanya dari dalam negeri namun juga dari luar negeri seperti perancis dan jerman. Untuk masuk ke candi ini kita tidak dipungut biaya ya alias gratis. 
Pemerintah desa setempat berupaya untuk mempromosikan candi asu ini dengan mengadakan berbagai event di candi Asu ini. Di candi ini kita bisa menikmati kesejukan pedesaan dengan hamparan hijau sawah juga langit cerah biru nan indah. Bagi penyuka foto kalian bisa abadikaan momen disini dengan background ampak gunung Merapi menjulang tinggi. Nah, selain berwisata kita juga bisa belajar tentang sejarah. Menarik Bukan !!

0 Response to "Candi ASU, wisata sejarah kabupaten Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel