Candi Borobudur

Borobudur, sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Magelang. Siapa yang tak kenal  dengan Desa Borobudur, sebuah desa yang kaya akan budaya. Sebut saja candi Borobudur, sebuah candi budha terbesar dengan kemegahan dan keunikannya. Candi Borobudur Nampak berdiri kokoh dan merupakan salah satu keajaiban dunia. Terletak di Desa Borobudur, kabupaten magelang, Jawa Tengah. Candi yang terdiri dari 
Candi Borobudurini dibangun oleh Dinasti Syailendra pada 8 hingga 9 masehi.
Pembangunan candi ini memerlukan waktu bertahun tahun dan dibangun pada massa raja samaratungga. Candi Borobudur pernah hilang selama bertahun tahu karena tertimbun tanah dan terkubur debu vulkanik dan ditumbuhi pohon serta semak belukar hingga menjadi bukit.  Tidak diketahu secara pasti kenapa Borobudur ditinggalkan oleh masyarakat. Diduga karena adanya erupsi merapi juga perpindahan penduduka dalam memeluk agama. Para penduduk berali keyakinan menjadi beragama islam. 
Candi Borobudur memiliki 6 teras berbentuk bujur sangkar dengan 3 pelataran melingkar yang dihiasi 2.672 relief dengan 504 arca budha. Stupa terbesar terletak ditengah sekaligus sebagai mahkota bangunnan candi ini. Mahkota tersebut dikelilingi oleh 72 stupa berlubang yang berisi acra duduk. Candi ini merupakan candi yang merupakan tempat suci untuk memuliakan budha dan juga tempat ziarah umat manusia. Candi Borobudur memiliki tiga tingkatan. Ketiga tingkatan itu adalah Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). 
Saat waisak candi Borobudur menjadi pusat acara dari seluruh dunia. Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. 
Sepanjang sejarah candi Borobudur merupakan mahakarya terbesar sepanjang perjalanan hidup. Di koplek wisata ini terdapat Museum samudra raksa juga museum kharmawibangga. Museum samudra raksa merupakan museumyang berisi tentang perjalanan perdagangan di Indonesia. Sedang museum kharmawibangga merupakan museum yang berisi informasi tentang informasi candi Borobudur. Nah, lengkap  sekali y, Wisata edukasi ini cocok untuk kalian kunjungi lho!!!

0 Response to "Candi Borobudur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel