Candi Pawon, Penghubung Candi Mendut dan Candi Borobudur

Candi dengan keunikan yang berbeda dengan candi-candi lain pada umumnya, sebut candi tersebut candi Pawon. Berbeda dengan candi-candi lain yang tertutup rapat, Candi Pawon memiliki lubang angin pada biliknya. Candi Pawon menjadi titik tengah yang menghubungan Candi Mendut dan Candi Borobudur. Candi yang letaknya di sumbu garis ini mempunyai bentuk persegi dengan atap bertingkat dengan sebuah bilik yang ada di dalamnya dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan candi mendut. 
Candi yang letaknya tersembunyi ini dikelilingi oleh rumah penduduk. Candi ini tersusun oleh batuan vulkanik dengan bangunan hindu jawa kuno. Bangunan candi ini sangat mirip dengan candi Mendut dan candi Borobudur. Sebab itu ,para ahli sepakat bahwa ketiga candi tersebut dibangun pada abad yang sama. Apalagi melihat Prasasti Kayumwungan atau Prasasti Karang tengah semakin mempertegas hal tersebut.
Suasana Candi pawon sangatlah tenang tergambar saat berada disana. Alunan musik  yang dilantunkan pun menambah syahdu tempat ini. Bentuk limas merupakan bentuk atap candi dengan stupa stupa berukuran kecil. Relief kinara kinari manjadi relief yang terpampang pada dinding candi luar.
 Sedangkan di bagian dalam candi, taka da satupun relief atau arca yang ditemui yang Nampak hanyalah bilik kosong.
Kata pawon sendiri memilik banyak arti dan makna. Dalam bahasa jawa artinya adalah dapur atau tempat untuk memasak. Menurut J.G de Casparis , pawon berasal dari kata Perawuan atau perabuan yang artinya tempat pembakaran sampah atau tempat pembuangan. ternyata diyakini bahwa kata tersebut tertuju pada satu hal yaitu proses pembakaran di candi pawon.  Dalam bilik candi  pawon terdapat 6 lubang angin yang berfungsi sebagai  tempat keluarnya asap hasil pembakaran. Lubang angin ini tentu saja menjadi pembeda arsitektur Candi Pawon dengan candi-candi lain yang biliknya tertutup rapat. Ternyata banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari situs situs bersejarah seperti candi pawon ini. Semakin sadar bahwa sejarah bangsa ini sangatlah menakjubkan. Yuk, belajar sejarah agar kita dapat menghargai perjuangan bangsa ini !!

0 Response to "Candi Pawon, Penghubung Candi Mendut dan Candi Borobudur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel