Candi Pendem, Situs Sejarah di Sengi Dukun Kabupaten Magelang

Kabupaten magelang disebut sebagai gudangnya candi karena beberapa candi dapat ditemukan di kabupaten Magelang ini. Hal ini tak lain karena kerajaan mataram kuno pernah mendiami daerah ini. Peradaban saat itu berkembang begitu pesatnya baik budaya maupun religi.  Setelah kita mengulas candi Asu, kini kita ulas candi yang berada dekat dengan candinya yaitu Candi Pendem. Candi Pendem merupakan salah satu candi Hindu yang terletak di Dusun Candi , Desa Sengi, Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Kawasan wisata candi pendem sangat digemari. Candi ini tak hanya menawarkan wisata alami hamparan lahan pertanian. Setelah puas melihat candi kita bisa menyegarkan mata dengan melihat sawah nan hijau.
Candi pendem merupakan candi hindu yang sejarah berdirinya hampir sama dengan kompleks candi Asu yang berdiri akhir abad IX Masehi pada masa raja mataram kuno. Candi yang berada di tanah yang datar ini berada tak jauh dari sungai Pabelan. Bangunan candi menghadap ke barat.  Bangunan yang tersisa saat ini hanyalah bagian kaki serta tubuh bagian bawah. Tak banyak yang tahu sejak kapan candi ini mulai ditemukan hanya saja ada kabar yang menyebutkan bahwa candi tersebut tidak sengaja ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul dekat dengan sekitaran kompleks candi pendem ini. 
Dari segi ukuran candi pendem lebih besar dari pada candi asu. Namun di candi pendem kita tidak akan menemukan arca yoni maupun prasasti. Kompleks candi ini diapit oleh lahan pertanian, jadi akses untuk kesana melalui lahan pertanian. Candi ini memang tidak begitu strategis letaknya namun cukup banyak wisatawan yang datang untuk melihat. Candi pendem merupakan satu kawasan wisata yang menawarkan perjalanan yang mendebarkan dan mengasikkan. Sekedar saran bagi yang ingin datang kesini , dianjurkan kalian datang bersama pemandu tur atau salah satu warga sekitar agar tidak kesasar dan perjalan kalian aman. . Nah , tertarik datang kesini ?

0 Response to "Candi Pendem, Situs Sejarah di Sengi Dukun Kabupaten Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel