Es Doger, Kental Nikmat Segarnya Bikin Nagih

Menikmati waktu bersantai tentu lebih enak sembari ditemani oleh makanan atau minuman kesukaan. Rasanya jadi teringat oleh es dengan isian buah juga es krim yang enak. Apalagi kalo buka es doger yang mantap serta dasyat rasanya. Es doger merupakan salah satu es nusantara yang tak hanya segar namun mempunyai cita rasa yang khas dan mengenyangkan karena isinya beranekaragam buah.
Es doger merupkan es susu kelapa dengan isian berupa buah bahan juga sagu dan roti. Es doger ini berasal dari Cirebon namun kini bisa kita temuai dimana mana. Saking familiar dan rasanya yang enak, para penjual es doger dilapak lapak selalu dikerubuti oleh pengunjung.. Selain rasanya yang enak, es doger juga enak diminum di tempat-tempat yang panas.  Es doger ini merupakan es dengan bahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, avokad, dan aneka buah lain-lain.
Cukup mudah kok membuat es doger rumahan. Kita siapkan bahannya terlebih dahulu seperti bahan utama berupa 100 ml sirup merah, 200 gram tape singkong dan 50 ml susu kental manis putih. Bahan untuk ketan hitam berupa 150 gram ketan hitam, 150 gram gula pasir , 1/2 sdt garam,1.l air dan  2 lembar daun pandan. Kemudian kita siapkan bahan untuk membuat sirup yaitu 200 gram kelapa muda, ¼  ml santan yang diambil dari 1 1/2 butir kelapa, 1/2 sdt garamdan ½ kg  gula pasir. 
Setelah semua bahan disipakan sekarang kita lakukan langkah seperti berikut : potong-potong tape singkong sesuai selera jangan terlalu besar. kemudian rendam ketan hitam  selama kurang lebih 2 jam sambil menunggu kita bisa mengeruk panjang  kelapa muda.
Saatnya kita meracik es doger , siapkan panci kemudian  masukan aneka bahan yaitu santan, gula dan garam. Rebus sampai  mendidih dan gula menjadi larut dengan menggunakan api sedang. Apabila sudah  larut , kemudian angkat dan bekukan Kemudian hancurkan halus. tambahkan dengan kelapa muda. Aduk-aduk hingga tercampur merata. Dan kemudian bekukan kembali. Rebus ketan hitam bersama daun pandan. Rebus ketan hingga empuk. Kemudian  tambahkan gula dan garam. Aduk-aduk hingga semua tercampur merata dan meresep. ketika sudah, dinginkan. Sajikan es doger dengan tambahan sirup, tape, ketan dan susu kental manis.
Tips agar es doger bisa nikmat dan enak kita perlu memperhatikan hal hal berikut :  Buatlah santan dari kelapa segar dan  masih baru, sesuaikan isi pelengkap dengan kesukaan masing masing,. Tak kalah penting adalah Sajian es doger selagi dingin dan segar. Apalgi jika Dinikmati saat siang hari diwaktu  cuaca panas, tentu akan terasa semakin nikmat. Yuk, selamat mencoba ! 

0 Response to "Es Doger, Kental Nikmat Segarnya Bikin Nagih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel