Pesona Candi Gunung Wukir, Wisata Sejarah Salam Magelang

Pernah mendengan nama candi gunung wukir? Ataukah asing ditelinga kita. Candi gunung wukir merupakan salah satu deretan candi yang berada di Kabupaten Magelang. Candi ini terletak di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan salam, Kabupaten Magelang. Candi Gunung Wukir berada diatas bukit kecil yaitu bukit wukir.  Untuk sampai ke candi Gunung Wukir ini, kita harus berjalan kaki melewati jalan setapak karena letak candi ini terpencil dan tersembunyi diantara rumah rumah penduduk. Suasana Candi Wukir sangat asri dan alami. Nampak di kanan kiri pepohonan tumbuh dengan lebat manambah rimbun tempat ini.
Candi ini merupakan candi bercorak Hindu. Fakta menarik dari candi Gunung wukir ini, karena disekitar candi ditemukan prasasti yang bernama prasasti canggal yang merupakan prasasti penting peninggalan sejarah dimana dicantumkan tahun pembuatan yang merupakan penanda waktu berkuasa kerajaan medan di negeri mataram. Candi ini merupakan candi tertua berdasarkan peninggalan yang tertera. Berdasarkan prasasti canggal yang ditemukan disekitar candi tersebut, candi Gunung wukir ditemukan tahun 1879 dan diduga pada masa raja sanjaya pada zaman kerajaan mataram kuno. Menurut prasasti nama asli candi gunung wukir adalah Shiwalingga di Kunjarakunja. Sedangkan nama gunung wukir diambil dari nama daerah bukit yang menjadi tempat candi tersebut berada. 
Candi  Gunung Wukir mempunyai sebuah candi utama dimana menghadap kea rah timur dan 3 candi perwara menghadap ke candi induk. Candi ini berisi arca nandi yang merupakan tunggangan Siwa. Disebelah kanan kiri diduga berisi Angasa yang merupakan tunggangan brahma serta arca garuda tunggangan dewa Vishnu, namun 2 arca tersebut kini sudah tidak berada di tempat.Berdasarkan ukurannya candi induk di sini sama dengan candi sambisari di Yogyakarta. Dengan penyusun candi terbuat dari batu andesit. Menurut cerita , banyak dijumpai muda mudi mendaki bukit Gunung wukir ini dan mitos mengatakan bahwa jika ada sepasang kekasih mengunjungi candi ini maka cinta mereka akan abadi. Ternyata magelang kaya akan deretan candi candi eksotis ya. Yuku sebelum kalian mengunjungi wisata yang jauh, sempatkan untuk datang dan berkunjung ke wisata sejarah yang ada di kabupaten Magelang. 

0 Response to "Pesona Candi Gunung Wukir, Wisata Sejarah Salam Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel