Pesona Wisata Sejarah Di Candi Prambanan Yogyakarta

Sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta terdapat kompleks kawasan candi yang disebut candi Prambanan. Candi Prambanan  terletak di Bokoharjo kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Klaten Candi prambanan juga dikenal dengan sebutan candi Loro jonggrang yang merupakan candi terbesar agama hindu. Candi prambanan dibangun pada abad ke 9 masehi. Candi ini dibangun sebagai persembahan untuk trimurti, dewa dalam agama hindu yaitu Brahma, Wishnu dan Siwa.
Berdasarkan sebuah prasasti yang ditemukan di kawasan komplek candi prambanan. Candi Prambanan merupakan candi warisan dunia, sekaligus menjadi candi terindah di asia tenggara. Bangunan candi yang berbentuk ramping dan tinggi menjulang sesuai dengan arsitektur hindu dimana ketinggian mencapai 47 meter dan berada ditengah gugusan candi yang lebih kecil.
Candi dengan daya tarik yang sangat luar biasa ini selalu ramai dikunjungi para penikmat situs bersejarah ini.  Wisatawan datang dari berbagai wilayah juga berbagai Negara untuk datang menyaksikan pesona candi Prambanan ini. Berdasarkan prasasti Siwagrha candi prambanan dibangun pada 850 Masehi oleh rakai Pikatan dimasa kerajaan Medang Mataram.
Denah candi prambanan berbentuk persegi panjang terdiri dari halaman luar dan tiga pelataran. Sejarawan menduga pembangaunan candi ini untuk menandai berkuasanya kembali raja sanjaya di tanah jawa. Beberapa cerita imajinasi berkembang dikalngan masyarakat sekitar. Rakyat menciptakan dogeng local yang diwarnai dengan kisah fantastis mengenai raja raksasa dan ribuan candi yang dibangun oleh halus jin. Serta seorang putri cantik yang dikutuk menjadi arca dan legenda tersebuat dikenal dengan cerita Roro Jonggrang.
Candi ini pernah terlantar sebelum akhirnya dipugar pada tahun 1918 namun baru pada 1930 candi ini benar benar dipugar. kembali dan hingga kini Nampak terlihat berdiri kokok. Hingga kini renovasi terus dilakukan dan pada 1953 pemugaran ke candi utama atau candi siwa berhasil diraampungkan. Ketika itu presiden Ir seokarno meresmikan candi ini. Dalam proses pemugarannya, bagian candi banyak yang direnovasi menggunakan batu batuan baru Karena batu asli banyak yang dicuri.  Kini dapat kita jumpai candi Prambanan berdiri kokok memesona setiap yang memandangnya. Nampak indah dengaan berjuta keunikan masing masing. Siapa yang tak takjub dengan keindahan candi ini. Setiap yang datang pasti ingin kembali lagi ketempat ini. Yuk, kapan kalian datang kesini !

0 Response to "Pesona Wisata Sejarah Di Candi Prambanan Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel