Rujak dan Lotis, Kekayaan Kuliner Berbahan Buah Indonesia

Ketika udara panas dan gerah, pasti akan terbayang aneka manakan yang menyegarkan mulut. Lotis sangat cocok disajikan saat udara panas disaat siang yang begitu terik oleh matahari.  Lotis merupakan makanan dimana terdiri atas aneka buah-buahan yang diiris-iris agak besar, dimakan dengan sambal manis  yang terbuat daru gula jawa, cabai merah  dan garam yang nikmat. Lotis merupakan makanan khas dari jawa tengah dimana makanan tersebut disajikan dengan sambal gula merah. Ada pula yang menyebutnya dengan rujak, ada nama lain dibeberapa lokasi yaitu leduk. Secara spesifik tentu lotis dan rujak sangatlah berbeda. Kita lihat dari penyajian lotis dan rujak. Jika lotis semua buah dipotong agak besar kemudian diolekkan pada bumbu namun jika rujak semua buah diserut kemudian buah tersebut di campur dengan sambal hingga merata sehingga cara memakannya dengan menyendok. 
Mudah sekali membuat lotis dirumah. Kalian hanya perlu mempersiapkan bahan untuk membuat lotis ini. Siapkan Bahan berupa buah buahan seperti nanas, bengkoang, jambu air, papaya mengkal, timun, manga mengkal kedondong dan aneka buah lain sesuai selera. Untuk bumbu yang disipakan antara lain : 
50 gram kacang tanah goreng
100 gram gula merah
5 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih goreng
½ sendok makan petis1 sendok makan air asam jawa
Garam secukupnya
Air secukupnya 

Cara membuatnya sebagai berikut : 
Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu mengupas buah-buahan. Untuk jambu air dan timun tak perlu  dikupas.
Jika sudah dikupas, anda bisa mencucinya hingga bersih di bawah air mengalir. Lalu anda bisa memotong-motongnya sesuai selera. Dan janga kecil kecil. 
Silakan siapkan cobek dan ulekan. Lalu masukan semua bahan untuk bumbu.
Haluskan bumbu-bumbu yang telah disediakan.  Tambahkan air dan kalian  bisa mengaduknya dengan kekentalan sesuai selera. Koreksi rasanya, tambahkan bumbu apabila rasanya kurang pas.
buahan yang sudah dipotong  kemudian disusun pada piring
siapkan bumbu  yang telah dibuat dalam mangkok kecil dan lotis siap dihidangkan
lotis siap disajikan. 
Nah mudah bukan membuat lotis rumahan yang tak kalah enak  dengan penjual lotis. Yuk resep ini bisa kalian coba ! Semoga bermanfaat!




0 Response to "Rujak dan Lotis, Kekayaan Kuliner Berbahan Buah Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel