Tebing Breksi Yogyakarta

Kawasan tebing breksi di sambirejo, Prambanan kini kehilangan fungsi sebagai tempat penambangan kapur. Kawasan ini kini malah ramai dikunjungi banyak orang. Kini tempat ini malah menjadi wisata unik dan banyak dilirik berbagai pengunjung. Tempat ini berada di sebelah selatan candi Prambanan dekat dengan kompleks ratu boko. 
Wisata yang terletak di prambanan ini kini menjadi wisata faforit yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Tak hanya wisatawan domestik namun juga mancanegara. Berbagai spot eksotis menjulang tinggi dan mempesona Nampak menghiasi media sosial saat mengulas tempat ini. Tempat ini tentu tak asing bagi muda mudi tanah air yang tinggal di Yogyakarta. 
Tebing breksi sangat lah menakjubkan dan menawan. Dibalik kemegahannya tempat ini menyimpan sejarah juga legenda yang menjadikan tempat ini menarik bagi siapa saja. Tebing breksi buka setiap hari dari pukul enam pagi hingga delapan malam. dahulu tempat ini merupakan tempat untuk menambang kapur namun kini tempat ini ditambang pesona keindahannya. Siapa sangka jika tempat ini malah menjadi wisata edukasi yang menarik, padahal awalnya hanyalah tambang batu kapur yang terasing. 
Batuan kapur ini terjadi karena abu yang dikeluarkan oleh Gunung api Nglanggeran saat erupsi berpuluh juta tahun lalu. Waktu dan cuaca menjadikan abu berubah menjadi lumpur yang mengeras dan semakin mengeras hingga menjadi batu. Bertahun tahun tempat ini menjadi tempat untuk mengais rejeki dengan melakukan penambangan batuan kapur. 
Batuan yang menjulang 30 meter dengan batuan raksasa yang berlapis dan dipahat membentuk relief dan patung pewayangan yaitu arjuna juga buto cakil, pahatan naga dengan mahkota dan patung semar. Semua karya ini merupakan ciptaan para pemuda di tempat ini. Mereka memahat dengan detail cermin seniman yang telaten. Untuk naik kesini kalian harus menaiki tangga di sisi timur. Bermacam swafoto menjadi objek yang ditawarkan ditempat ini. Burung hantu jinak Nampak berada di tangga masuk sebagai pilihan untuk berswafoto ria. 
Wisata tebing breksi ini menorehkan prestasi. Tebing breksi yang dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X ini mendapatkan penghargaan sebagai wisata baru terpopuler pada tahun 2017. Keren sekali ya ternyata, dibalik gagahnya batuan kapur ternyata menyimpan pesona yang menakjubkan. Sudahkah kalian datang kesini !!

0 Response to "Tebing Breksi Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel