Ternyata ini khasiat Daun Kelor

Siapa yang tidak kenal dengan daun kelor. Daun kelor dijuluki sebagai superfood karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan juga dapat diolah menjadi berbagai makanan. Kelor merupakan sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae dan mempunyai nama yang bermacam-macam. Nama lain dari kelor adalah malunggay, limaran, moringa, ben-oil, drumstick, horseradish tree.
Kita mengenal daun kelor sebagai salah satu bahan untuk makanan dan juga bisa diolah menjadi sayur juga keripik. Saat ini banyak sekali kita lihat olahan daun kelor dan mudah untuk mendapatkannya. Tak hanya sebagai makanan namun juga bisa dimanfaatkan menjadi obat. Khasiat kesehatan bisa didapatkan dari daun kelor ini. Berbagai penyakit dapat dicegah dengan dengan mengkonsumsi daun kelor karena daun kelor mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. 
Begitu banyak kandungan dalam daun kelor seperti unsur  asam amino yaitu unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine. Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor. 
Daun kelor bisa dengan mudah kita jumpai karena tanaman ini mudah hidup di daerah tropis. Daun kelor akan tentu lebih baik dan kaya manfaat jika dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan  karena kandungan nutrisinya meningkat kecuali vitamin C. Berbagai manfaat  daun kelor diantaranya Mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, menurunkan kolesteroldan masih banyak manfaat lainnya dari daun kelor ini. 
Manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu: Mencegah diabetes Menurut penelitian, daun kelor dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait penyakit diabetes. Berdasarkan hasil uji klinis pada tahun 2016, daun kelor disebut mampu meningkatkan produksi insulin sehingga dapat membantu mencegah diabetes. Dalam penelitian tersebut, 4 gram daun kelor terbukti bisa meningkatkan sirkulasi insulin dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Berdasarkan uji klinis  pada tahun 2018 lalu, daun kelor dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan pada pengidap diabetes. Ekstrak daun kelor ini juga diamnfaatkan sebagai bahan herbal dalam pembuatan obat.  Ternyata daun ini kaya manfaat ya! nah, tak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daun kelor ini agar badan menjadi semakin sehat. Selamat mencoba !

0 Response to "Ternyata ini khasiat Daun Kelor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel