Wisata Sejarah Candi Plaosan Yogyakarta

Kawasan Kalasan dan Prambanan merupakan kawasan yang bersejarah. Dimana banyak candi dan situs budaya yang berdiri di kawasan ini Candi dan situs budaya ini perlahan mulai berbenah sehingga, menjadi sebuah kawasan yang bagus. Tak jauh dari candi prambanan terdapat candi plaosan. Melaju ke utara dari candi prambanan sejauh 1 km akan sampai pada candi plaosan. Candi Plaosan merupakan candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu Candi Plaosan yang dibangun Rakai Pikatan memiliki 2 candi utama yang kembar serta teras permukaan candi yang halus. 
Candi ini ternyata dibagi menjadi 2 candi lor dan candi kidul. Kedua candi tersebut sama sama memilki teras berbentuk segi empat dimana dikelilingi oleh dinding tempat semedi dengan bentuk gardu dengan sisi barat terdapat stupa. Karena keduanya sama maka candi plaosan disebut juga candi kembar. 
Bangunan pada candi Plaosan lor memilki halaman tengah yang dikelilingi dinding dengan pintu masuk berada disebelah barat. Terdapat pendopo pada bagian tengah dan terdapat 3 buah altar yaitu altar timur, altar selatan, dan altar utara.  Bagian relief candi berisikan gambaran unik seorang pria dan wanita. Seluruh kompleks Candi plaosan ini memiliki 116 stupa dan 50 candi perwara.
Ketika kita berjalan ke utara, maka akan terlihat bangunan terbuka yang disebut Mandapa setiap tempat tentu memilki kekhasan tersendiri dimana pada permukaan teras yang halus.  Jika melihat sekeliling candi,kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan,  bahwa Candi Plaosan sebenarnya merupakan kompleks candi yang luas. Hal itu dapat dilihat dari adanya pagar keliling sepanjang 460 m dari utara ke selatan serta 290 m dari barat ke timur, juga interior pagar yang terdiri atas parit sepanjang 440 m dari utara ke selatan dan 270 m dari barat ke timur.
Sebauh Prasasti mengatakan bahwa Candi Plaosan dibangun oleh Ratu Sri Kaluhuran dengan dukungan suami yaitu Sri Kaluhuran sendiri . candi plaosan menjadi saksi ikatan cinta suci keduanya. Dengan kekuatan cinta akhirnya meluluhkan hati orang tua yang pada awalnya tidak setuju dengan hubungan mereka. Pada akhirnya kedua keluarga merestui hubungan keduanya. 
Masyarakat pun percaya bahwa setiap pasangan yang datang kesini maka hubungan mereka akan langgeng. Sebuah mitos yang dipercaya masyarakat sekitar. Menarik bukan cerita tentang candi plosan ini kan ! Tentu berbagai informasi ini akan semakin memperkaya pengetahuan kita. Yuk, kapan kalian kesini! 
 

0 Response to "Wisata Sejarah Candi Plaosan Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel