Candi Lumbung Sawangan Magelang

Negeri candi merupakan sebutan yang cocok bagi kabupaten Magelang karena memiliki banyak sekali candi. Salah satu candi yang berada di kabupaten Magelang adalah candi Lumbung. Candi Lumbung terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Tepat berada di tepi Kali Apu yang mengalir dari Gunung Merapi di lereng sisi barat. Tempat ini dapat dicapai dari jalan raya Yogyakarta-Magelang di pertigaan Blabak (sekitar pabrik kertas) ke arah Ketep. Candi  Lumbung letaknya tak jauh dari candi Pendem dan candi Asu sehingga sering disebut Candi-Candi Sengi. 
Erupsi merapi nyaris membuat candi ini musnah terkena material vulkanik jika saja tidak ada tindakan dari pemerintah. Candi ini merupakan candi budha yang didirikan pada abad ke 8. Candi dengan bentuk persegi dengan ukuran 8,43 x 8,43 ini nampak menghadap ke arah barat. Bagian atap runtuh tinggal sedikit pada bagian barat daya. Batu batuan menumpuk ditengah candi, dimana bagian pipi tangga ditemukan hiasan berpola salur gelung yang diapit oleh dua ekor patung burung. Relief kaki gana ditemukan pada kaki candi .
Pemerintah melindungi candi ini dengan memindahkan candi ini sementara karena takut akan terjangan lahar dingin merapi. Candi Lumbung yang terletak di dekat pemukiman warga ini tentu selalu dijaga  kelestariannya. Candi ini buku maulai 8 pagi hingga 5 sore. Jika kalian penasaran dan ingun melihat keindahan situs bersejarah ini, kalian bisa datang langsung ya. Apalagi jika kalian ingin pergi ke ketep pass, sempatkan mampir kesini karena lokasinya melewati jika kalian ingin berkunjung ke ketep pass. Mungkin candi ini telah rutuh namun sejarahnya harus tetap melekat dan lestari sebagai simbol bangsa ini penuh dengan warisan budaya. Kita patut bangga karena Indonesia memiliki ribuan budaya juga  ribuan peninggalan bersejarah. Nah, sesekali datanglah kesini sekedar berwisata sembari menambah pengetahuan tentang situs candi ini ! yuk lestarikan budaya indonesia, kalo bukan kita! Siapa lagi !!

0 Response to "Candi Lumbung Sawangan Magelang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel