Gua Selarong Yogyakarta

Hai sobat rumah pendidik, kali ini kita akan mengulas salah satu tempat wisata yang merupakan saksi bisu perjuangan pahlawan dalam rangka merebut kemerdekaan dari penjajah. Namanya gua Selarong yang terletak di Dusun Kembangputihan, Pajangan, Bantul, Jogjakarta. Gua selarong lebih dikenal dengan sebutan Goa Diponegoro karena dahulu merupakan tempat atau markas pangeran Diponegoro. Kala itu belanda mengepung Rumah Pangeran Diponegoro tepatnya pada 21 juli 1825, namun pangeran Diponegoro berhasil lolos ke Gua selarong yang kini menjadi obyek wisata yang khas di Yogyakarta. Ternyata Gua selarong sudah disiapkan sebagai tempat Menyusun strategi bagi pangeran Diponegoro. Gua selarong terletak di bukit kapur, pelarian Diponegoro membuat Belanda kewalahan. Strategei perang gerilya membuat belanda sulit menemukan dimana Pangeran diponegoro dan pasukananya berada.      
Sejarah gua ini menjadikan salah satu daya Tarik para wisatawan datang kesini. Kondisi alam nan indah serta sejuk dan asri menjadikan tempat ini ramai oleh pengunjung. Gua selarong yang berupa susunan batu kapur dan ditumbuhi pepohonan yang usia sudah ratusam tahun. Dengan membayar tiket seharga Rp. 3.750,- yang kemudian dibulatkan menjadi Rp 4.000. Gua selarong terdiri dari 2 gua yaitu gua lanang dan gua putri. Gua ini bentuknya tidak memanjang namun seperti cekungan tebing yang dipahat sehingga bisa dijadikan tempat tinggal. Untuk menuju ke gua pasangannya kita harus melewati tangga yang curam namun setiap tangga terdapat kursi untuk beristorahat sementara dan juga terdapat bebrapa permainan anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan. Dalam Gua selarong juga terdapat air terjun yang kecil  di depan gua putri. Air terjun tersebut bisa mengalir hanya dimusism hujan saja. Nampak di puncak bukit terdapat gardu untuk melihat pemandangan hijau penuh pesona pepohonan yang berada di daerah pajangan Bantul. 
Jika kita berwisata kesini akan kita temuai para ibu menjajakan buah jambu biji merah, buah tersebut merupakan hasil panen masyarakat sekitar. Namun ada juga yang menjual buah lain seperti jambu air, sawo , serta aneka minuman. Sangat menarik ya gua selarong ini. Kapan kapan kalian mampir kesini ya !

0 Response to "Gua Selarong Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel