Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Indonesia dengan ragam alam yang beranekaragam. Ada gunung, bukit serta wilayah laut yang membentang luas. Indonesia pun kaya akan gunung berapi, salah satunya adalah gunung berapi Merapi. Namun kini kita akan membahasa gunung api yang kini sudah tidak aktif lagi. Nama gunung tersebut adalah Gunung api purba Nglanggeran. Letak gunung api purba nglanggeran adalah di di desa nglanggeran, kecamatan patuk, kabupaten gunungkidul.
Dahulu gunung ini merupakan gunung yang ada di dasar laut namun terangkat kemudian menjadi daratan. Gunung ini terbentuk sekitar 60 hingga 70 tahun yang lalu dimana memiliki batuan yang khas oleh aglomerat dan breksi gunung api. Berada pada ketinggian 700 mdpl dengan keindahan pesona yang menawan. Nama Nglanggeran berasal dari kata nglanggar yang artinya melanggar. Kon katanya kala itu penduduk mengadakan pesta syukuran dengan mengundang seorang dalang, namun warg amerusak wayang dalang tersebut sehingga dalang marah dan mengutuk warga desa  menjada sosok wayang dan membuang ke bukit nglanggeran.
 
Untuk menuju puncak gunung kita akan melewati jalanan tanah dengan Lorong bebatuan sempit, jarak pendakian cukup singkat sekitar 2 jam untuk dapat menginjakkan kaki di puncak tertinggi. Tak perlu khawatir, banyak sekali papan petunjuk agar tidak tersesat. Puncak gunung api purba bagian barat disebut gunung gedhe , kondidi tempat ini sangat lapang namun tidak untuk mendirikan tenda. Untuk mendirikan tenda ada camping ground yang sangat aman dari kencangnya angin di puncak Gunung api purba ini.
Pemandangan nan meemsona akan kita dapatkan di tempat ini, kitab isa melihat keindahan gunung lima jari dan juga bisa menikmati sunset serta sunrise.meski ada beberapa cerita mistis namun selama kita sopan maka tidak akan terjadi apa apa. 
Gunung Api Purba Nglanggeran dengan karakteristik dan keunikannya menyimpan jutaan pesona keindahan yang tak di dapatkan dari tempat lain.  Maka tak heran jika tempat ini selalu ramai oleh para pendaki. Tentu kita harus bersyukur bisa menikmati keindahanaya. Kalian tertarik mengunjungi funung api purba nglanggeran?

0 Response to "Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel