Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kukup merupakan salah satu deretan pantai selatan yang terletak dekat dengan pantai baron dan satu kawasan dengan pantai ngrawe. Begitu banyak pantai di gunung kidul, dengan keindahaan dan keunikan sendiri sendiri. Gunung kidul dengan sebutan kota seribu pantai memang layak diberikan julukan itu karena deretan pantai nan indah menghiasi kabupaten ini.
Pantai ini sangat istimewa dengan hamparan pair putih yang luas juga pulau karang yang indah. Sejak pandemi covid 19 melanda, tempat ini tak seramai dahulu namun tetap ada pengunjung datang untuk menghabiskan waktunya disini. 
Tak hanya di pantai parangkusumo yang diadakan ritual, pantai kukup pun demikian. Upacara sedekah menjadi ritual rutin yang dilakukan setiap satu suro atau pada bulan Muharam. Ritual ini berupa menyerahkan sesaji yang dilarung ke laut lepas sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa. 
Alam nan indah pantai Gunung Kidul menjadi primadona bagi para wisatawan. Pantai pantainya tak pernah mengecewakan dengan suguhan alam yang menenangkan dan membuat kita takjub. Birunya air laut dengan deburan ombak yang kencang ditambah saat sedang pasang. Pantai Kukup memang berada di jalur selatan yang ganas ombaknya, sehingga terdapat papan peringatan untuk tidak mandi di laut.
Pasir putih membentang cukup lebar dan landau dan malah dimanfaatkan untuk bersantai sembari memandang laut lepas. Jika air laut sedang pasang, kamu dapat mengunjungi pnatai Ngrawe  yng berada di balik bukit karang yang ada di pantai kukup ini.  Nampak payung payung terpasang sepanjang bibir pantai siap untuk disewakan. Air yang jernih banyak ikan ikan kecil yang membuat anak anak memilih untuk mencari ikan dengan jarring jarring kecil. Nampak di kiri pantai terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan bukit dan karang. Untuk naik ke bukit tidak dikenakan biaya kecuali jika selfie. Fasilitas yang lengkap membuat pantai ini salah satu tempat faforit untuk berlibur. Tersedia banyak warung mkan, aula pertemuan, mushola, toko suvenir, dan penginapan yang terdapat di area Pantai Kukup. Bagi kalian yang ingin bermalam di pantai kukup, kalian bisa ke camping ground sembari menunggu sunrise dan sunset. Nah, menarik bukan!!

0 Response to "Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel