Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Pantai sundak, sebuah pantai yang menjadi salah satu andalan Gunung kidul. Pemandangan alam yang asik dan menyimpan banyak cerita. Nama sundak ternyata memiliki sejarah Lho! Pantai ini berlokasi di daerah Sidoharjo, Tepus, Kab Gunung Kidul, Jogjakarta. 
Pada tahun 1930 wilayah gua serta masjid yang berada di pinggir barat pantai masih terendam oleh lautan. Disebelah timur terdapat gua dengan ketinggian batu karang kurang lebih 12 meter. Karena proses geologi , permukaan laut menjadi menyusut dan air menjorok ke laut. Natu karang juga wilayah disekitar masjid menjadi daratan baru yang dimanfaatkan untuk aktivitas ekonomi sampai saat ini. Fenomena tersebut menjadi yang akhirnya menjadi titik tolakpenamaan pantai ini. Saat musim hujan tiba, air dari daratan mengalir menuju lautan. Dengan begitu dataran sebelah timur pantai membelah hingga membentuk sebuah bentuk mirip sungai yang mengalir. Saat musim kemarau tiba , belahan air tersebut hilang dan air laut membawa pasir. Nah inilah yang membuat nama pantai ini menjadi Wedibedah yang artiya pasir yang membelah.  
Tahun 1976 terjadi sebuah kejadian yang unik yang memicu perubahan nama baru. Di suatu siang seekor anjing sedang berlari di daerah pantai dan masuk ke gua karang dan bertemu dengan seekor landak laut. Rasa lapar yang dialami oleh anjing maka anjing memakan landak laut namun landak menghindar sehingga terjadi sebuah perkelahian. Si anjing berhasil memakan setengah tubuh landak laut dan keluar gua dengan rasa sombong dan bangga. Perbuatan anjing diketahui oleh pemiliknya sehingga sejak saat itu nama Wedibedah berubah menjadi nama sundak yang artinya asu dan landak. 
Siapa yang menyangka bahwa perkelahian tersebut membawa kebaikan dan berkah bagi penduduk setempat. Berpuluh puluh tahun warga kekurangan air namun akhirnya ditemukan mata air karena melihat anjing yang keluar gua dengan basah kuyup. Mata air tersebutlah yang menjadi obat kecewa penduduk . 
 Sundak menawarkan suasana syahdu di malam hari. Suasana yang sejuk dengan angina malam yang sepoi sepoi serta menyenangkan. Sembari menikmati suasana malam yang indah serta melihat cahaya bulan, kalian bisa memesan ikan mentah untuk di bakar. Asyik bukan berada dipantai sundak ini! Nah, kalian pasti penasaran kan dengan Pantai satu ini. Liburan sebentar lagi, Yuk Agendakan libur kesini !

0 Response to "Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel