Plengkung Gading Nirbaya Yogyakarta

Yogyakarta kental dengan wisata budaya baik budaya modern maupun tradisional. Salah satu bangunan sakral yang sangat bersejarah di kota pelajar ini adalah  Plengkung gading Nirbaya. Bangunan yang merupakan peninggalan kota Yogyakarta ini merupakan milik keraton Yogyakarta. Plengkung yang biasa disebut dengan gapura merupakan bagian dari keraton Yogyakarta. Plengkung disebut sebagai gerbang utama masuk dan keluar keraton.bangunan dengan lima gerbang utara yaitu  Plengkung Taruno siro di sisi utara, plengkung Madyasuro di sisi timur, plengkung Jagabaya di sisi barat daya, plengkung Jaga suro di sisi barat kesultanan kraton Yogya, dan plengkung Nirbaya/ Gading terletak di sisi selatan.
Pada bagian atas plengkung ini , nampak terlihat ukiran burung yang menghisap sari dari bunga, atau disebut  Lajering Sekar Sinesep Peksi. Ukiran yang memiliki makna kapan didirikan dan diketahui berdiri tahun 1961.  Ada hal unik yang menjadikan tempat ini berbeda dengan plengkung lainnya. Plengkung ini memilki lima lengkungan yang menjulang naik ke atas dengan arsitektur berbeda dari 4 plengkung pada umumnya.  Berbeda dengan 4 plengkung lain.  Diplengkung gading ini ada Menara sirine yang dapat berbunyi di dua momen saja yaitu di hari ulang tahun kemerdekaan RI serta menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan. 
Pengkung gading merupakan bangunan unik dan sacral dengan pintu gerbang melengkung dengan warna putih. Plengkung gading sendiri letaknya di selatan alun alun selatan jogja. Digunakan sebagai pintu gerbang keluar jenazah sultan yang wafat untuk kemudian dibawa ke pristirahatan terakhir yaitu di imogiri. Konon, sultanyang masih hidup dilarang keras untuk melewati pelngkung bagian selatan. Berita yang berkembang dimasyarakat yaitu ketika seseorang memiliki ilmu hitam dan orang tersebut melewati plengkung ini maka ilmu hitam akan luntur seketika. Ada kabar yang mengatakan bahwa hal tersebut benar benar terjadi. 
Ternyata menarik sekali ya belajar tentang kebudayaan jawa. Beberapa tempat yang kita anggap biasa ternyata memilki segudang cerita. Pasti kalian sering kan lewat tempat ini, namun kita tak pernah berfikir bahwa tempat tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat kental. Nah, menarik bukan ! agendakan kesini yuk !

0 Response to "Plengkung Gading Nirbaya Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel