Puncak Suroloyo sisi lain nikmati indahnya Borobudur

Melihat dari kejauhan megahnya candi Borobudur dari puncak tertinggi menoreh yaitu di puncak Suroloyo tentu sangatlah indah. Puncak suroloyo dengan  ketinggian 1.019 mdpl ini sungguh menakjubkan. Terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Dari [pusat kota Yogyakarta, puncak suroloyo dapat ditempuh dengan jarak 33 km dengan waktu 2 jam. 
Perjalanan meuju ke puncak suroloyo menjadi tantangan tersendiri. Jalan yang terjal dan curam dengan tanjakan dan kelokan dengan diapit bukit serta jurang, kalian harus tetap berhati-hati dan waspada. Rasa Lelah menguji adrenalin akan terbayar dan tergantikan dengan takjubnya puncak suroloyo yang memukau. Gugusan bukit berdiri dengan kokohnya melindungi kwasan desa di sekelilingnya. Sejauh pandangan mata akan terlihat hijau serta biru langit berpadu putihnya mega. 
Tampak hadir bunga yang tumbuh tak beraturan serta rerumputan ilalang. Untuk sampai ke puncak suroloyo kita harus menaiki tangga dengan 286 anak tangga dimana tingkat kemiringannya yang sangat tinggi. Mulai ditangga 100 nafas muali tersengal kelelahan. Berhentilah sejenak dan beristirahatlah kemudian lanjutkan lagi menaiki anak tangga yang masih tersisa untuk dapat sampai di puncak keindahan suroloyo. Ucapan selamat datang akan terlihat dari sapaan hangat burung serta kupu kupu yang terbang rendah seolah menghampiri kita. 
Sesampainya di puncak akan terlihat hamparan indah pesona sawah juga bukit yang terpaut mesra dengan lembah dan desa. Tampak berdiri gagak beberapa gunung seperti Gunung Sindoro, gunung Sumbing,gunung  Merbabu, dan gunung Merapi bersembunyi di balik gumpalan awan. Tampak mungil candi Borobudur yang terlihat dari kejauhan dan tersembunyi di antara pepohonan. 
Puncak suroloyo menjadi puncak untuk napak tilas sultan agung hanyokrokusumo juga merupakan tempat wisata alam dan religi yang sangat bersejarah.  Puncak suroloyo menawarkan berbagai keindahan seperti adanya pendopo yang berjumlah 3. Pendopo ini juga sebagai gardu pandang untuk para wisatawan yang berkunjung. Pemburu sunset dan sunrise juga tak perlu khawatir, tempat yang tepat untuk mendapatkannya. Cukup kalian atur waktu untuk datang agar bertemu dengan perburuan kalian dan pastikan cuaca cerah ya agar bertemu dengan sunset dan sunrise yang menawan. Di puncak juga terdapat sebuah patung bathara guru yang merupakan gambaran dewa siwa yang menaiki lembu andini dengan menghadap ke arah dataran yang luas. Dengan harga tiket yang cukup murah hanya Rp 5.000 saja dan buka setiap hari selama 24 jam. Nah, kamu penasaran seperti apa puncak suroloyo ini. Sempatkan berkunjung ya. Kami tunggu kedatanganmu !

0 Response to "Puncak Suroloyo sisi lain nikmati indahnya Borobudur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel