Soto Sulung, Kuliner Asli Nusantara

Indonesia kaya akan aneka kuliner dari sabang sampe Merauke. Begitu banyak kuliner yang menjadi kekayaan bangsa ini. Salah satu kekayaan kuliner Indonesia adalah soto sulung. Apa itu soto sulung? Yuk simak ulasan kami hanya di rumah Pendidik. Pasti makanan dengan nama soto sudah kita kenal dan sangat akrab ditelinga kita. Apa sih yang membuat soto sulung berbeda dari soto pada umumnya! Soto sulung memiliki kuah yang khas, tidak pekat dan juga nyegerin. Soto sulung sendiri merupakan menu legendaris yang sudah ada sejak masa lampau dan hingga kini masih terjaga keberadaannya. 
Berdasarkan kabar Soto sulung pertama kali ditemukan di kota Surabaya dan dibuat oleh perantau dari madura saat pertama kalinya. Dia ingin mengenalkan soto pada masyarakat namun mengganti beberapa pelengkapnya agar bisa sesuai dengan lidah warga setempat. Maka lahir soto sulung yang artinya nama sebuah gang yang berada dikota Surabaya. Soto sulung sendiri pada waktu pertama di jajakan dengan dipikul.  Penjual harus memikul untuk mencari pembeli yang akan mencicipi soto sulung buatannya. Sejak itu , soto sulung mulai viral dan dikenal baik dari dalam maupun luar daerah. Kini dapat kita lihat warung makan menydiakan soto sulung sudah sangat banyak.  Tak perlu heran jika rasa soto sulung sendiri tak akan berubah dengan kuah yang khas. Para penjual soto sulung benar benar mewarisi resep asli secara turun temurun. Maka tidak mengherankan apabila citarasa yang dihadirkan tidak berubah. Sebab, mereka masih mempraktikkan resep asli yang diwariskan secara turun temurun.
Penyajian soto sulung sendiri berbeda dengan soto pada umumnya. Nasi akan ditempatkan pada bakul kecil sehingga kita bebas mengambil seberapa nasi yang kita inginkan. 
Isian Soto Sulung yaitu Daging sapi, Telur rebus, Seledri, Bawang goreng serta keripik kentang yang gurih. Kuah sotonya agak kuning  karena kunyitnya serta rasanya gurih. Bumbu soto dibuat dari bawang merah, bawang putih, merica dan kemiri. Masih ada rempah lain yang digunakan sebagai pelengkap. Jadi tak heran jika soto sulung ini kuahnya segar gurih dengan bau aroma khas dan baunya menggoda selera. Warung soto ini bis akita jumpai di berbagai tempat. Kini sudah banyak penjual soto sulung menjajakan sotonya. Kalian penasaran! Soto sulung, soto enak nan Gurih. Buktikan.... 

0 Response to "Soto Sulung, Kuliner Asli Nusantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel