Taman Bambu Runcing Muntilan

Bambu Runcing merupakan salah satu senjata bangsa indonesia dalam melawan penjajah pad zaman dahulu. Sungguh perjuangan para pahlwan sangatlah berat mempertaruhkan jiwa raganya demi kemerdekaan indonesia. Di muntilan terdapat sebuah taman wisata yang menggunakan konsep bambu runcing untuk mengenang jasa para pahlawan kita. Lebih dikenal senagai monument bambu runcing yang dibuat untuk memperingati perjuangan para pahlawan kita. Kita ketahui Bersama bahwa Muntilan juga merupakan kota perjuangan. Ketika perang diponegoro pecah, muntilan menjadi tempat penyangga ketika Gerakan pasukan diponegoro terdesak kea rah bukit menorah sebelah barat Kulon progo.  Diponegoro. Magelang-muntilan dalam masa revolusi kemedekaan menjadi jalur yang menghubungkan jogja dengan semarang. Menjadi titik pusat kemiliteran. Untuk menngingat perjuangan tokoh heroic maka masyarakat membuat monument ini. Mereka ingin menanamkan semangat perjuangan kepada anak bangsa dengan membangun monument taman bambu runcing ini. Bambu runcing sendiri merupakan senjata yangberupa tombak yang ujungnya diruncingkan dan siap menghujam lawan.  Memang pejuang kita masih menggunakan senjata tradisional kala itu. Meski tradisional tenyata bambu runcing ini ditakuti oleh penjajah.  
Letak monumen bambu runcing di desa keji, taman agung muntilan. Lokasi berada di jalan jogja magelang yang ramai oleh lalu Lalang kendaraan. Monument ini kini sudah dilengkapi saran prasarana. Kini menjadi salah satu obyek wisata dikala liburan akan sangat ramai oleh pengunjung. Monumen besar yang berbentuk seperti bambu runcing ini menjulang tinggi dan memilki tangga untuk sampai ke atas.  Tingginya sekitar 15 meter dan dibuat dengan cor coran beton bertulang. Dari kejauhan dapat terlihat monument ini lho! Relief relief berisi perjuangan banga terdapat di bagian luar Gedung ini. 
Pemerintah kini menambah area bermain untuk anak anak dan menjadikan monument ini sebagai pusat kota yang ramai. Tat kota yang dibangun dengan apik membuat tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata. Beberapa pohon di tanam agar menjadi lebih sejuk. wahana permainan anak-anak juga kini lengkap seperti Ada ayun-ayunan, jungkat-jungkit, plosodan, miniatur sepeda kuno, juga patung-patung beberapa jenis binatang. 
Dihari libur tempat ini semakin ramai dari hari biasanya. Banyak wahana juga banyak warung yang bisa memanjakan kalian! Yuk belajar sejarah juga bermain dengan banyak wahana, hanya di Monumen Bambu Runcing !

0 Response to "Taman Bambu Runcing Muntilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel