Wisata Embung Nglanggeran Yogyakarta

Tak jauh dari gunung api purba nglanggeraan terdapat terdapat sebuah embung yang sangat cantik. Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY. 
Jika embung biasanya terletak di dataran rendah, berbeda dengan embung ini yang terletak di atas ketinggian bukit. Sumber embung ini sendiri berawal dari mata air yang berada di gunung api purba dimana 2 pipa yang akan menyalurkan air ke dalam embung. Fungsi dari embung ini untuk mengairi kebun durian yang berada di sekitar embung ini. Ternyata embung Nglanggeran merupakan embung pertama di DIY yang diresmikan oleh Gubernur DIY pada 19 februari 2013 silam.
Disebut juga dengan waduk mini yangbberada di 495 mdpl menjadi primadona bagi para penikmat senja serta pemburu keindahan sunset. Lokasi parker yang luas di Kawasan embung sangat cocok untuk acara gathering. Tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung, selalu dipadati pengunjung apalagi saat musim liburan tiba. Tempat ini dapat dengan mudah diakses, cukup 1 jam saja dari pusat kota Yogyakarta. 
Desain dan kontruksi embung yang sangat bagus membuat para pengunjung penasaran dengan keindahnnya. Embung yang  dibangun seluas 60 meter x 60 meter dengan kedalaman  3 meter ini bisa ditempuh dengan menaiki tangga yang telah disediakan. Embung ini hanya bisa dinikmati keindahannya, kalian dilarang untuk mandi dan memancing di embung ini. Embung diatas ketinggian menawarkan spot terbaik melihat matahari muncul dan tenggelam. 
Mitos yang beradar dikalangan masyarakat yaitu ada taman yang menyebar seperti ular yang mampu melepaskan air yang dipercaya oleh penduduk nglanggeran dapat menyembuhkan berbagai penyakit, namun tak semua orang bisa mengambil air tersebut, harus ada ritual dari pengasuh embung terlebih dahulu agar air dapat melakukan fungsinya dengan baik. 
Berada ditempat ini, kalian akan menikmati 2 pemandangan nan indah. Wisata alam gunung api purba nglanggeran dan juga embung nan indah nglanggeran. Nah, tunggu apalagi! Ayo berkunjung kesini.... 

0 Response to "Wisata Embung Nglanggeran Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel