Wisata Studio Alam Gamplong Sleman

Studio Gamplong atau Studio Alam Gamplong merupakan sebuah tempat destinasi wisata yang terletak di desa gamplong Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Dibangun di sebuah tanah dan kebun kas desa dengan luas 2 hektar ini, dibangun replica bangunan zaman kolonial belanda. Masuk dikawasan ini akan terlihat benteng Batavia yang menarik para pengunjung yang datang. Replika bangunan sangat mirip dengan bangunan asli lho! Mengingat Kembali sejarah masa lampau dimana benteng Batavia merupakan awal terbentuknya indonesia. Mengingat Kembali kisah pada tahu  1619 dimana belum dibangun benteng Batavia. Kisah saat Jan Pieterszoon Coen menaklukkan jayakarta kala itu yang hamper 4 adab silam. Studio gamplong ini merupakan salah satu tempat yang digunakan dalam pengambilaan gambar beberapa film seperti  Sultan Agung, Tahta, Perjuangan, Cinta dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo. 
Kini tanah lapang berubah menjadi bangunan gagah tiruan benteng Batavia dengan warna hitam dirancang oleh coen. Inspirasi yang di dapat dari konsep Batavia ala romawi dengan tembok berwarna abu-abu dengan bentangan memanjang mengikuti garis di depannya. Sungai tersebut juga merupakaan sungai yang direka sebagai sungai ciliwung yang merupakan sumber kehidupan zaman penjajah. 
Untuk menuju ke replika benteng kita harus melewati jembatan ungkit yang ada di depan benteng. Jembatan yang dibangun dengan konstruksi tradisional namun khas belanda yang tentu akan membuat kita ingat dengan jembatan di Kawasan kota tua yang kini masih ada  dan terdaftar sebagai salah satu cagar budaya. Di dalam lokasi ini terdapat replica bangunan bangunan belanda pada masa itu. Bangunan bangunan tersebut memiliki ciri eksterior rumah belanda yang sangat kental. Dinding dengan warna putih yang merupakan ciri khas rumah belanda. Tampak dihalaman sebuah kereta kuda tanpa kuda. Nah kalian penasaran dengan studio gamplong ini. Wajib untuk kalian kunjungi. Disini kita akan belajar tentang sejarah pada masa lampau. Belajar banyak tentang kota Batavia nan indah. Tak perlu jauh jauh ke kota tua ya ! ku tunggu kalian ke Studio Gamplong ya ! 


0 Response to "Wisata Studio Alam Gamplong Sleman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel