Air Terjun Gemulai Klaten

Air terjun gemulai merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kabupaten Klaten. Pada 2017 lalu air terjun ini cukup menark para wisatawan untuk berkunjung kesini karena keindahan panorama yang nampak terlihat di media sosial instagram yang dapat dilihat oleh khalayak ramai. Obyek wisata yang berlokasi di Dukuh Banyusari, Desa Krajan, Jatinom, Kabupaten Klaten. 
Air terjun ini merupakan limpasan dari saluran air irigasi yang berhulu di sungai gemuling yang berada di Desa glagah ang merupakan desa tetangga Krajan. Setelah air mengaliri sawah para petani, air itu menuju ke tebing batu dan akhirnya kembali ke sungai gemuling.  Ketinggian tebing mencapai 10 meter dengan derasnya air yang terburai seperti kapas. Karena kepiawaian pemuda banyuasri dalam memotret tempat ini, foto foto yang bertebaran di media sosial sangat membelalak mata sehingga para pengunjung berbondong datang dan mengunjungi tempat ini. 
Agar mudah diingat maka air tejun gemuling dirubah menjadi air terjun gemulai. 
Air terjun ini diapit oleh dua obyek wisata lain yang tak kalah menarik yaitu bendungan beton dan juga gunung dele. Di area air terjun gemulai ini terdapat cekungan sendang yang kecil dengan aliran sungai gemuling yang hanya boleh dilihat , dilarang untuk bermain apalagi berenang. Konon karena unsur mistis sendang tersebut sangat dalam dan perah diukur dengan bamboo namun tak ditemukan dasarnya. Tempat ini diibaratkan sebagai surge yang tersembunyi dengan sungai gemuling yang jernih dan dangkal berpadu hamparan batu besar dibalik rimbun pohon yang mampu menangkal terik sinar sang surya. Tempat ini dibangun dengan gotong royong warga dan membuat berbagai fasilitas dari bahan kayu. Namun akhirnya tim tersebut satu per satu mengundurkan diri dalam mengelola tempat ini. saying sekali ya, akhirnya tempat ini terbengkalai begitu saja. Ragam fasilitas yang ada disini kini lapuk dan dimakan oleh lumut serta tenggelam dalam semak belukar. Namun masih dapat kita kunjungi meski kita harus menembus semak belukar. Penasaran dengan Air terjun Gemulai! Datang yuk kesini ! 

0 Response to "Air Terjun Gemulai Klaten"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel