Air Terjun Parang Ijo

Indonesia terdiri dari jajaran pegunungan yang begitu elok. Dibalik kokohnya Gunung, dibalik pepohonan yang menjulang tinggi terdapat sebuah surga yang tersembunyi. Dengan medan yang tak bisa dicapai dengan mudah, membuat pesona air terjun terlihat begitu seksi untuk dinikmati. Surga tersembunyi tersebut bernama  air terjun Parang Ijo, dengan letak di lereng gunung Lawu. Tepatnya berada di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki suara yang merdu dan sangat menari untuk diceritakan. 
Dahulu adaistilah bernama baru Klinting yang merupakan sebuah peristiwa banjir bandang yang terjadu di desa ini pada tahun 1942. Pohon tua yang sangat besar dikeramatkan dan tak mampu ditebang oleh apapun. Namun banjir bandang tersebut mampu meruntuhkan pohon tersebut. Pohon tersebut ikut hanyut bersama derasnya banjir dan dapat berhenti di sebuah tebing sehingga tempat tersebut menjadi keramat.  
Adanya pohon tumbang tersebut malah membuat aliran air mengalir terus menerus melalui batang pohon tersebut.  Batang pohon menjadi berwarna hijau dan di tahun 1982 pohon tersebut benar benar tumbang dan aliran air kini bebas mengalir diantara batang pohon hingga airnya mengalir ke bawah membentuk air terjun. Itulah asal disebut dengan air terjun parang Ijo yang artinya tebing dengan warna hijau. Laksana taman yang ditumbuhi pemandangan hijau yang akan membuat mata terbelalah dan segar. Memasuki pintu masuk aka nada sambutan dari parit kecil yang berjalan mengarah ke air terjun.  500 meter setelah pintu masuk kita kan menuruni tangga. Sebuah pohon akasia menjulang dan menawarkan kesejukan. Hiruplah nafas panjang disini dan rasakan kandungan oksigen yang masih sangat fresh.  Dua buah patung lingga yoni menjadi papan petunjuk . lalu jalanlah mennjak dan kita akan sampai di air terjun tersebut. Air terjun ini memang masih alami karena berasal dari kejadian alam yang elok. Entahlah benar atau tidak cerita yang berkembang dimasyarakat tentang asal usul air terjun ini. yang pasti saat ini kita masih bisa menikmati kesejukan tempat tersebut. 

0 Response to "Air Terjun Parang Ijo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel