Benteng Pendem Cilacap

Benteng pendem merupakan salah satu wisata bersejarah yang terletak di kabupaten Cilacap. Benteng dengan nama asli Kustbatterij op de Landtong te Cilacap ini pernah dikuasai Jepang pada 1942. Tentara Nasional Indonesia menggunakan benteng sebagai tempat Latihan untuk berperang juga sebagai pendaratan laut para tentara. Masyarakat sekitar menceritakan bahwa banyak sekali kisah sejarah tentang benteng ini dan juga menyimpan misteri. Setiap tempat diarea ini memiliki makna tersendiri, tidak terlupa dan sebagai salah satu wujud rasa hormat terhadap para pejuang untuk perjuangan pada peristiwa kemerdekaan. 
Benteng ini merupakan benteng pertahanan yang dipunyai pemerintah Hindia Belanda. Letak benteng ini sendiri tak jauh dari Pantai Cilacap, Jawa Tengah.  Sejarah dibangun benteng ini karena belanda sangat khawatir dengan serangan musuh secara tiba -tiba. Ketika itu kapal inggris singgah di Pulau Nusakambangan sehingga mereka membuat markas di tepi pantai cilacap ini. Belanda sendiri membangun benteng ini karena memiliki alasan yang kuat yaitu letak strategis juga cocok untuk kota Pelabuhan. Kota Pelabuhan sendiri menjadi gerbang ekonomi dari banyumas ke kerajaan belanda. 
Benteng ini disebut sebagai benteng pendem karena letak benteng terpendam dalam tanah. Benteng yang dibangun pada tahun 1861 dan selesai di tahun 1879 ini memiliki luas 10,5 ha. Benteng ini dibangun dengan batu merah gunung berapi , batu kapur dan juga semen pasir sehingga bangunan tetap berdiri kokoh.  Benteng ini dibangun dibawah tanah agar musuh tak mengira bahwa di cilacap terdapat benteng kokoh sebagai tempat pertahanan. Benteng ini memiliki 60 ruangan dengan bermacam macam fungsi. Ada ruang istirahat, terowongan, markas, ruang rapat, benteng pengintai, benteng pertahanan, ruang perwira, penjara, ruang mesiu, 13 tempat meriam, ruang logistik, gudang senjata dan beberapa ruangan lain.  Benteng ini pernah mengalami pemugaran dalam beberapa bulan. Dengan pemugaran tersebut benteng bisa dijadikan objek wisata yang dapat dinikmati oleh banyak orang dan keberadaannya akan selalu diperhitungkan dari masa ke masa. Benteng pendem kini menjadi salah satu detinasi cagar budaya yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Benteng inipun memberikan danpak positif dalam perekonomian masyarakat sekitar dengan menjual beranekaragam cindera  mata. Yuk nikmati wisata bersejarah di Benteng Pendem ini! Ku tunggu kedatangnamu ya!

0 Response to "Benteng Pendem Cilacap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel