Candi Cetho

Pernah mendengar keberadaan candi diatas awan? Nah kali ini kita akan mengulas salah satu candiyang berada di kabupaten karanganyar. Namanya candi cetho, komposisi candi menurut para fotografer sangatlah apik untuk diambil gambarnya. Tak hanya gambar namun berada disana merupakan surga tersembunyi di lereng gunung. Candi cetho ini merupakan situs bersejarah yang merupakan peninggalan hindu yang terletak di dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar. Candi tersebut diperkirakan merupakan candi yang dibangun oleh majapahit yang dapat kita kunjungi pada ketinggian 1.496mdpl, Candi tersebut merupakan candi tertinggi yang berada di Indonesia. Tak bisa dibayangkanbagaimana dulu membangun candi tersebut, pasti dengan tenaga yang luar biasa. Sudah sepantasnya jika kini kita harus menghargai peninggalan sejarah ini dengan melestarikan keberadaannya. 
Banyak orang bilang, saat berada di sini seolah kita berada di bali. Pada 1970 candi ini dipugar, uniknya candi ini dibangun dengan konsep punden berundak sehingga terasa khas hindu kuno. Candi tersebut berada dijalur pendakian. Meski jauh dan membutuhkan waktu yang tak sedikit namun jalur ini  memiliki keindahan yang mengesankan dari pada jalur lain. 
Saat candi ceto ditemukan, terdapat rerunthan dengan 14 teras yang memanjang dari arah barat hingga arah timur. Kultus bertingkat diduga merupakan konsep budaya hinduisme. Pada tahun 1970 sudjono, seoraf asisten dari presiden Suharto merombak total struktr candi namun tak menghilangkan konsep Punden berundaknya. Meski untuk menikmati keindahannya kita harus bersusah susah menaikinya namun para wisatawan tetap banyak yang berkunjung. Jalur yang menantang tentu malah membuat para pengunjung ingin menaklukkannya.  Hati hati yak arena untuk sampai kesinipun ada jurang. Harga tiket yang ditawarkan adalah Rp 7.000 rupiah dan Rp 25.000 untuk wisatawan luar negeri. Para pengunjung akan mendapatkan koin poleng yang digunakan untuk menghormati kesucian candi ini. ada pula yang datang menggunakan sepeda dengan memacu adrenalin Karen jalanan menanjak. Hamparan luas pemandangan menakjubkan ini menjadi daya tari siapapun yang datang. Yakin kamu tak ingin menikmati keindahan candi cetho dari jarak dekat. Yuk datang dan kunjungi wisata ini! 

0 Response to "Candi Cetho"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel