Goa Kiskendo Yogyakarta

Gua Kiskendo merupakan gua yang terletak di pegunungan menoreh di Kabupaten Kulon Progo. Secara administrativ terletak di Dusun Sokomoyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di sebelah barat kota wates yang terletak dengan ketinggian 800 meter dpl. Obyek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari tempat parkit, tempat istirahat berupa gazebo serta toilet umum. Tiket yang harus dibayarkan ketika masuk ke obyek wisata ini hanya Rp 5.000 saja. Obyek wisata ini buka setiap senin hingga minggu mulai pulul 08.00 hingga 17.00 WIB. Gue ini menawarkan pemndangan dengan relief pahatan pada tebing yang sangat memukau dan membuat yang melihat akan terpana. Ukuran relief yang berada disekitar pintu gua ukurannya besar dan terlihat nyata. Relief ini mengingatkan pada cerita Ramayana yang sangat legendaris, sebuah kisah perebutan dewi shinta antara rama dan rahwana.
 Goa ini bisa kita nikmati keelokannya mulai dari mulut gua. Puluhan sarang laba laba yang berada di bibir gua menjadi sambutan hangat para pengunjung. Akar pohon saling berkait serta matahari perlahan mengikuti memulai dinginnya undak undakan. Semakin lama semakin ke dalam semakin gelap kita bisa melihat dengan cahaya headlamp yang dipakai. Tetesan air dari stalagtir membentuk lubang kecil dengan hawa dingin yang tak kalah mendebarkan dan membuat adrenalin terpacu semakin kencang. 
Ada 9 tempat pertapaan di Goa Kiskendo ini yaitu Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang. Menikmati perjalanan menelusuri lorong ini membuat kita semakin terpana dengan keindahan yang ada di dalamnya. Artistic yang sangat indah dengan terlief yang terpahat menjadi satu prosa yang menceritakan sebuah peristiwa. Kalian tentu ingin sekali melihat keindahan dalam goa ini kan. Kapan kalian agendakan berkunjung menikmati relief juga cerita sejarah yang berad di setiap pahatannya. Yuk kunjungi tempat ini dan nikmatilah keindahan berbeda dari dalam goa. Buktikan !

0 Response to "Goa Kiskendo Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel