Indahnya Goa Jomblang

Surga pariwisata memang cocok dijuluki untuk kabupaten Gunung kidul. Begitu banyak obyek wisata dapat kita jumpai di kabupaten ini. wisata alam yang indah dan masih sangat alami. Salah satu wisata yang menyimpan cerita bersejarah adalah Goa Jomblang. Goa ini merupakan satu dari sekain banyak goa yang berada di gunung karst. Goa ini berlokasi di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari kota wonosari sekitar 10 km. 
Mulut gua yang vertikal dengan jarak bibir dengan dasar bervariasi dan yang terdalam 80 m. Untuk masuk ke goa aini kita harus menggunakan tali atau dengan taknik tali tunggal. Jadi siapa saja yang ingin masuk ke gia ini harus menggunakan alat khusus dengan standar keamanan dan di dampingi para ahli yang sudah mumpuni. Bagi mereka yang tak terbiasa dengan pertualaangan maka akan terasa melelahkan. Cerita yang berkembang bahwa tempat ini seram, namun cerita itu terlupakan setelah kita berada di dalam goa tersebut. 
Keindahannya tak terbantahkan. Mata akan dimanjakan oleh hijaunya hutan juga aneka lumut. Sejak runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi terus tumbuh subur dan berkembang hingga kini. Kembali kesejarah, goa ini menyimpan banyak cerita yang kelam. Konon goa tersebut digunakan untuk pembunuhan massal anggota PKI. Pada tahun 2011 gua ini dijadikan tempat syuting lho! Tak perlu khawatir kok, tidak ada biaya untuk para wisatawan. Goa ini juga merupakan tempat konservasi tumbuhan purba. Fakta unik yang ditemukan, kita dapat masuk kegoa ini dengan 4 jalur yang bisa dilewati. Ketika berada di dasar gua kita dapat menemukan cahaya surge yang berupa cahaya matahari yang masuk lewat celah gua dan menyinari flowstone. Saat yang baik untuk mendapatkan pemandangan indah pukul 10.00 hingga 12.00 dengan cuaca yang cerah. Menarik sekali ya berada di Goa jomblang ini. selainmenyimpan sejarah masa lalu juga menyimpan keindahan yang membuat kita terpukau dan terpesona. Siapa yang tak ingin berlama lama disini. merasakan sensasi sejuk juga keindahan yang jarang kita temui di Goa lain. Kalian penasaran ! Kapan berkunjung kesini! agendakan ya ... 

0 Response to "Indahnya Goa Jomblang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel