Pulau Nusakambangan Cilacap

Hai sobat Rumah Pendidik, masih di Kabupaten cilacap ya! Kita akan mengulas tentang salah satu pulau menarik di Cilacap yaitu Pulau Nusakambangan. Pulau ini merupakan pulau yang terkenal dengan Lembaga pemasyarakatan yang mempunyai keamanan tinggi. Untuk sampai ketempat ini kita harus menaiki kapal feri. Kapal feri yang dikendarai dijaga oleh petugas lapas khusus untuk kepentingan memindahkan narapidana juga kebutuhan transportasi yang berhubungan dengan pegawai lapas nusakambangan. 
Pulau Nusakambangan sendiri juga merupakan cagar alam yang ditumbuhi pohon pohon langka namun kini banyak yang sudah ditebang. Kini aneka pohon yang tersedia yaitu tumbuhan perdu, nipah, dan belukar. Ada salah satu jenis kayu yang dicur yaitu kayu plahlar dengan nama latin Dipterocarpus litoralis, kayu ini merupakan kayu dengan kualitas sama dengan kayu meranti yang berasal dari Kalimantan.
Di pulau ini juga sering dilakukan acara ritual tradisional sehingga hutan ini dikenal dengan hutan ritual. Sebelah barat pulai ini terlihat gua yang berada di area hutan bakau yang dipercaya merupakan prasasti sebagai peninggalan zaman VOC. Diatas bukit berdiri mercusuar cimiring dan benteng kecil yang merupakan peninggalan portugis.
Nusakambangan sendiri menjadi pertahanan terakhir dari tumbuhan langka yaitu wijayakusuma. Nusakambangan sendiri berarti pulau bunga bungaan atau dengan kata lain pulau yang memiliki banyak bunga. 
Dipulau Nusakambangan ini terdapat pula lapas yang berisi tahanan politik juga narapidana. Terdapat 9 lapas namun kini hanya 4 yang beroperasi , yaitu Lapas Batu (dibangun 1925), Lapas Besi (dibangun 1929), Lapas Kembang Kuning (tahun 1950), dan Lapas Permisan (tertua, dibangun 1908). Lima lapas lain sudah ditutup. Nah menarik sekali ternyata ya mengulas tentang pulau Nusakambangan. Banyak ilmu yangbbisa di dapat tak hanya sekedar dari cerita yang berkembang namun memang berdasarkan kenyataan. Pantai Nusakambangana juga tak kalah menarik lho! Panorama yang eksotis juga bisa dijadikan wisata bahari yang bisa dijumpai. Nusakambangan merupakan destinasi menarik yang wajib untuk kalian explore. Yuk nikmati akhir pekan untuk liburan di Pulau Nusakambangan !

0 Response to "Pulau Nusakambangan Cilacap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel