Goa Seplawan Purworejo

Pernahkah kalian menikmati sensasi menyusuri sebuah goa? Nah salah satu wisata alam memang tak hanya gunung , pantai namun adapula gua. Di purworejo terdapat sebuah goa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebut saja dengan nama Goa Seplawan. Goa ini berada di kawasan gunung menoreh yang termasuk dalam goa basah memiliki aliran air di dalam goa. Goa yang terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini memiliki perbatasan dengan Kulon Progo. Perjalanan menuju kesini melalui desa yang berkelok kelok serta menanjak. Goa ini merupakan goa yang terletak di atas ketinggian 800 meter diatas permukaan laut ini dapat ditempuh dengan jarak 20 km dari pusat kota Purworejo.
Goa ini telah direnovasi  dengan diberi tangga serta penerangan yang lengkap. Selain alamnya yang indah, goa ini juga menjadi wisata sejarah yang dikelola oleh dinas pariwisata Purworejo. Meski telah dilakukan renovasi namun keaslian alamnya tetap terjaga seperti adanya keindahan stalaktit dan stalakmit, bahkan ada juga yang masih aktif.
Masuk ke dalam goa kita akan disambut hangat oleh patung emas dengan tinggi tiga meter yang merupakan replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Pada 15 agustus tahun 1979 ditemukan arca emas dengan 22 karat tinggi arca 9 cm dengan berat 2,5 kg. menurut informasi yang di dapat arca tersebut merupakana peninggalan Hindu siwa. Arca tersebut kini berada di Museum Nasional sebagai benda bersejarah. Tak hanya arca namun juga ditemukan sebuah lingga yoni di sekitar goa. Untuk masuk ke goa kita harus menggunakan alat khusus karena jalan mayoritas datar dengan aliran air yang basah. Tak lama berjlan masuk goa akan kalian temui kolan air yang jernih saat hujan tak turun. Panjang goa tersebut 750 meter dan merupakan jalur yang buntu. Lorong goa dengan tinggi 80 cm hanya cukup untuk satu orang dan kalian harus menunduk sepanjang jalan untuk melewatinya.  Ternyata menikmati keindahan dalam goa tak semudah itu, kita harus berjalan menyusuri lorong lorong dengan hati hati. Goa tersusun dari batu kapur dengan relief menyerupai sirip hiu ini memang belum dapat dipecahkan secara pasti artinya. Goa buka  mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket dihari libur  Rp 4.000 per orang, dan Rp 3.000 per orang pada hari kerja. Jika kalian berkunjung ke Purworejo, agendakan mampir ke Goa ini ya !

0 Response to "Goa Seplawan Purworejo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel