Benteng Pendem Semarang

Sejarah selalu mengisahkan banyak cerita. Setiap tempat di wilayah Indonesia pasti memiliki jejak sejarah yang beranekaragam dan unik. Berbagai tempat bersejarah di Indonesia juga memiliki rekam sejarah terhadap penjajahan yang tentu kisah tersebut mudah untuk dikenang. Seperti di jawa timur , ibu kota provinsi menjadi saksi sejarah penjajahan. Di Jawa Tengah ada kota Ambarawa yang dikenal dengan kisah sejarah penjajahan. Masih ingatkah dengan peristiwa pertempuran lima hari di Semarang, tak hanya sampai itu tapi juga ada beberapa monumen serta museum. Ternyata tak hanya itu saja, ada juga benteng yang merupakan peninggalan sejarah yaitu Benteng Pendem.
Benteng Pendem ternyata tak hanya ada di cilacap saja, ternyata di semarang juga ada benteng lho! Yuk kita simak ulasannya. Benteng pendem cilacap masih sangat otentik dan memiliki nama Benteng Fort Willem 1. Benteng tersebut terletak di kelurahan Lodoyong yang sangat mudah ditempuh dari pusat kota. Sekitar 1 jam dari pusat kota semarang, dengan waktu sekitar 40 menit saja. Benteng ini sampai sekarang masih difungsikan dengan baik. Saat ini sebagian benteng digunakan untuk lapas kelas II A yang berada di sisi utara yang kini masih bisa dikunjungi. Benteng yang terdiri dua lantai ini masih sama ketika dahulu difungsikan oleh belanda. Namun pengunjung hanya bisa masuk di kantai dasar saja. Lantai dua sebagai tempat pegawai lapas . kalian perlu berhati hati karena bangunan ini sudah tua dan rentan roboh. Kalian juga harus taat akan aturan yang ada disini ya agar tetap aman terkendali. 
Benteng yang dibangun pada masa penjajahan ini memiliki arsitektur khas belanda. Arsitektur bangunan benteng masih sangat terjaga dengan baik jadi tak heran jika bangunan sering digunakan sebagai background foto yang akan menambah kesan estetik juga menarik serta instagrammable. Pengelola belum menfokuskan tempat ini sebagai obyek wisata meskipun banyak wisatawan yang datang berkunjung kesini. Pengelola masih belum bisa  menfokuskan tempat ini menjadi obyek wisata meski rencana ke depan belum tau kelanjutannya. Beberapa Fakta unik dibalik bangunan benteng ini membuat kita takjub. Ada 3.000 orang kuli pribumi terlibat dalam proses pembangunan. Banyak tahanan dihukum serta dipaksa bekerja membuat benteng ini. Agar lebih irit dalam mengangkut bahan bangunan didirikan tungku serta pembakaran dekat dengan benteng. Tertarik berkunjung ke benteng pendem ini ! Yuk datang ke Beteng Pendem Semarang!

0 Response to "Benteng Pendem Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel