Candi Gebang

Mungkin asing ditelinga kita nama candi Gebang. Candi Gebang berada di Kabupaten sleman Yogyakarta. Kita tau bahwa Yogyakarta memiliki peninggalan sejarah yang beranekaragam. Candi ini dibangun pada abad ke 8 Masehi saat kerajaan mataram kuno masih. Waktu itu seorang warga menemukan patung Ganesha pada tahun 1936. Kemudian dilakukan penelitian oleh arkeolog , nah itulah awal ditemukan Candi Gebang tersebut.  Candi mengalami pemugara data pimpinan Van Romondt pada tahun 1937 hingga 1939. Pemugaran pertama dilakukan dengan luas kurang lebih 5,25 x 5,25 meter. Tinggi bangunannya kurang lebih 2 meter dengan tinggi candi ini sekitar 8 meter.
Puncak candi gebang berbentuk linggak dengan menghadap ke timur. Pintu masuk candi ada di sisi timur, kalian dapat menemukan tempat arca pada sisi kiri dan kanan pintu masuk. Terdapat relung yang ada di bagian selatan, barat dan  utara. Relung di sisi utara kosong sedang disisi utara relung terdapat arca Nandiswara. Candi gebang berbeda dengan candi lain memilki keunikan  dan bisa dilihat dari permukaan candi yang tak memiliki tangga menuju ke selasar.
 Candi gebang mempunyai taman yang ditata sedemikian rupa dengan  rapi serta dihiasi oleh pohon yang rindang. Beberapa bangku Nampak menghiasi taman yang bisa digunakan untuk tempat duduk dan beristirahat. Candi gebang berbatasan lahan pertanian serta sungai larang.  dengan kebun penduduk serta tegalan. Candi gebang terletak di Jalan Jetis, Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kode pos 55584. 
Nampak candi ini menjadi saksi sejarah yang perlu kita ketahui. Candi gebang juga bisa dikunjungi sebagai salah satu wisata edukasi yang akan menambah ilmu pengetahuan dan memberikan pengalaman yang tak biasa. Dari candi gebang ini kita bisa belajar bahwa peninggalan sejarah sangatlah banyak dan wajib kita jaga dan lestarikan agar tak hilang serta punah tanpa jejak. Bagi kalian yang suka tentang sejarah, ada baiknya mengunjungi candi gebang ini. Yuk agendakan perjalananmu kesini ya ! 

0 Response to "Candi Gebang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel