Gethuk Ragam Kuliner Indonesia

Gethuk merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini merupakan makanan yang mudah di temukan di Jawa Tengah. Gethuk merupakan makanan khas dari Kabupaten magelang. Makanan ini juga menjadi arternatif yang dikonsumsi warga Magelang. Gethuk juga merupakan oleh oleh khas para wisatawan yang datang ke Magelang. Gethuk tersebut terkenal hingga ke mancanegara. Banyak wisatawan datang ke Magelang dan mencicipi gethuk Magelang. Wisatawan yang datang ke Indonesia biasanya berkunjung ke candi Borobudur. 
Bagaimana sejarah terciptanya Gethuk ini ? tak banyak yang tahu bagaimana makanan ini diciptakan. Yuk simak ulasannya! Pada zaman penjajahan Belanda, beras yang merupakan makanan pokok menjadi barang langka. Karena langkanya beras tersebut maka penduduk mengganti dengan ketela yang banyak ditanam di sekitar rumah atau mudah ditemukan di pasar. Muncul sebuah nama Mbah Ali Mohtar yang berasal dari desa karet yang berinovasi membuat makanan dari singkong yang menarik saat dihidangkan dan tak membuat bosan di makan. Setelah mbah Ali meninggal usahanya diteruskan anak-anaknya. Sekarang banyak sekali gethuk serupa yang ada di Magelang. Itulah asal mula adanya Gethuk Magelang. 
Cara membuatnya sangatlah mudah. Pertama Singkong dikupas kulitnya, kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong sekitar 5 cm. Rebus singkong sampai matang. Angin-anginkan sampai uapnya hilang. Kemudian Campur singkong-sedikit Garam - Gula. Hancurkan sampai lumat. Dan Beri pewarna bila suka. Nah Sajikan hangat dengan taburan parutan kelapa. Filosofi dari Gethuk  yang berasal dari singkong sendiri yakni melambangkan kesederhanan serta mempergunakan potensi yang dimiliki secara aktif dan kreatif sehingga kita lebih mandiri mengahadapi berbagai macam situasi. Gethuk lambang kesederhanan serta nrimo ing pandum. Hidup apa adanya dan jauh dari sikap gagah gagahan semata. Saat bangsa ini sedang mengalami krisis ekonomi masyarakat diajak untuk mengertakan tali pinggang meskipun hanya dengan mengkonsumsi singkong. Tak perlu gengsi ya saat makan singkong, Karena makanan ini juga memiliki zat yang bermanfaat bagi tubuh. 

0 Response to "Gethuk Ragam Kuliner Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel