Makam Raja-raja Imogiri

Yogyakarta merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kita. Obyek wisata indah tak hanya ditawarkan disini. salah satu wisata religipun bisa kita nikmati di kompleks pemakaman yang terletak di Bantul. Makam Imogiri ini merupakan pesarean sebagai tempat peristirahatan raja Mataram dahulu bersama keluar besarnya. Komplek pemakaman ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu Kasultanagungan, Pakubuwanan, Kasunanan Surakarta, dan Kasultanan Yogyakarta.
Imogiri berasal dari dua kata yaitu Hima dan Giri. Hima yang memilki arti kabut sedangkan giri memiliki arti Gunung atau bukit. Jadi jika dua kata tersebut digabung akan memiliki arti kabut yang ada di pegunungan. Lokasi makam raja ini memang terletak diatas bukit sehingga para pengunjung yang datang harus mendaki anak tangga untuk bisa sampai di makan tersebut. Bukan tanpa lasan lokasi terletak di bukit atau gunung. 
Budaya adat serta kepercayaan pada masa itu sangat kental dengan agama hindu yang percaya bahwa semakin tinggi lokasi makam maka akan semakin tinggi derajat manusia tersebut. Mereka sangat percaya bahwa nenek moyang yang bersemayam diatas ketinggian yang berada di bukit dan gunung. Makam raja Imogiri menjadi salah satu obyek wisata yang memiliki kesan mistis namun malah menjadi daya tarik tersndiri bagi para wisatawan. Orang yang berkunjung mungkin merasa aura angker selama di makam yang tidak masuk nalar. 
Pasarean raja Imogiri ini dibangun oleh Prabu Hanyokrokusumo. Beliu merupakan Sultan Agung Mataram III. Pembangunan makam ini dilakukan pada tahun 1632 sebelum kemerdekaan Indonesia. Tempat ini pilih menjadi tentu bukan sembarang, ada cara tersendiri yang dianggap mistis. Pemilihannya terinspirasi oleh Prabu Hanyokrokusumo melaksanakan ibadah haji di Mekkah. 
Kala itu beliau memang sudah merencanakan pembangunan makam untuk mengenang jasa leluhur dan sekaligus menghormati mereka. Setelah melakukan lempar jumroh dengan batu kecil, dapatlah ide untuk memilih tempat makam. Makam Raja-raja Imogiri terletak di Desa Girirejo dan Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota sekitar 16 km dengan waktu 30 menit. Tak ada harga tiket masuk hanya ada kotak amal yang terletak dibeberapa sudut. Kalian hanya perlu membayar uang parkir saja. Penasaran bagimana suasana di makam raja imogiri ini! Yuk sempatkan untuk mengunjunginya!

0 Response to "Makam Raja-raja Imogiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel