Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Indonesia merupakan Negara yang memiliki populasi terbanyak pemeluk agama Islam setelah Negara Pakistan. Meski terdapat keberagaman beragama di Indonesia namun warganya tetap hidup rukun dan berdampingan. Adanya toleransi umat beragama membuat bangsa ini hidup damai meski berbeda keyakinan. Masjid merupakan tempat beribadah umat islam. Banyak sekali masjid yang dibangun, salah satunya yang berada di Semarang yaitu Masjid agung Semarang. Masjid ini merupakan masjid yang megah dengan nuansa modern dengan arsitektur yang sangat indah. Masjid yang berdiri sejak 2006 lalu diresmikan oleh presiden SBY pada 14 november 2006. Luas masjid tersebut adalah 25 hektar dan pembangunannya membutuhkan waktu 5 tahun. Perancang masjid ini adalah Ir. H.ahmad Fanani yang merupakan. Masjid dibangun dengan menghabiskan biaya 198 miliar ini terinspirasi dari masjid nabawi yang berada di makkah. 
Masjid dengan ukuran besar ini dapat menampung 15.000 jamaah dengan tiga bangunan utama yang berada dalam kompleks tersebut  membentuk huruf U. 3 bangunan itu diantaranya convention hall, perpustakaan dan masjid tersebut. Lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan masjid agung jawa tengah ini menjadi salah satu destinasi religi yang menjadi kebanggan warga jawa tengah. Mengambil gaya arsitektur islam, romawi serta jawa yang dipadupadankan dengan sangat indah. Bagian atas masjid berbentuk limas yang merupakan arsitektur jawa serta bagian paling atas berupa kubah bulat sebagai lambing islam. 25 tiang mirip pintu masuk colosseum yang merupakan gaya romawi. Beberapa hiasan seperti kaligrafi serta huruf pagon jawa bertulis sucining gapuraning gusti menjadi hiasan yang menarik. 
Letak masjid agung adalah di jalan Gajah Raya, Sambirejo, kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Lokasinya sangat mudah diakses dan berjarak 4 km dari stasiun tawang. Hal yang menarik di masjid ini adalah paying hidrolik. Payung ini seperti payung yang berada di masjid nabawi dengan lebar 14 m serta tinggi 20 m. payung unik ini menjadi salah satu ciri khas masjid agung jawa tengah. Paying akan terbuka pada waktu sholat jumat, sholat idul fitri serta sholat idul adha. Adapula menara asmaul husna yang digunakan untuk kafe, museum, tempat siaran radio serta gardu pandang. Diberi nama dengan asmaul husna karena memiliki tinggi 99 meter yang melambangkan angka asmaul husna. Adapula bedug raksasa serta alqu’an raksasa. Nah, kalian tertarik dengan destinasi wisata religi ini ! Yuk kapan berkunjung. 

0 Response to "Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel